Idol & Celeb

Koreografer Ternama Buka Suara Terkait Perselisihan ATEEZ dan Vata, Ungkap Fakta Terbaru?

Kontroversi terkait tuduhan Vata We Dem Boyz (WDBZ) yang diklaim menjiplak koreografi milik ATEEZ untuk “Say My Name” kini mendapat respon dari salah satu koreografer ternama Korea Selatan, Choi Young Joon.

Sebelumnya diketahui bahwa Choi Young Joon merupakan salah satu koreografer yang berada di bawah 1MILLION. Ia juga merupakan koreografer dari salah satu lagu hits TWICE, “TT”.

Koreografi TWICE untuk lagu “TT” (Sumber: MV “TT” TWICE)

Walau ragu awalnya, Choi Young Joon akhirnya merilis postingan terbaru dengan pernyataan panjang di Instagramnya pada 14 Oktober 2022.

“Aku sangat ragu-ragu untuk menulis posting ini. Akan berbeda jika aku bukan sesama peserta di Street Man Fighter, tetapi karena aku salah satu pesertanya, aku merasakan tekanan besar untuk memihak.

Meskipun demikian, dengan susah payah aku mengungkapkan pikiranku sendiri, yaitu bahwa kedua belah pihak harus dihormati karena kualitas artistik koreografinya.

Ini adalah sudut pandang pribadi yang saya ungkapkan hanya sebagai koreografer lain. Bukan sebagai anggota 1MILLION, dan juga bukan sebagai senior di industri dance, tapi murni di level individu.
Semua koreografer memperhitungkan tidak hanya lirik lagu, tetapi juga suasana keseluruhan lagu saat mereka membuat koreografi.
Koreografi ini yang menciptakan image tertentu dari lagu “New Thing” melalui gerakannya, memilih gerakan pengendara sepeda motor. Dalam proses pengungkapan tindakan berkendara pada sepeda motor, rangkaian gerakan ini saat ini sedang dibahas untuk persamaan dengan rangkaian gerakan lainnya.

Baca juga: Koreografer “Say My Name” ATEEZ, Anze Skrube Buka Suara Terkait Kontroversi ‘Biting’ Vata WDBZ!

Tapi menurutku, gerak kaki yang termasuk dalam “New Thing” adalah gerakan dasar yang banyak digunakan dan dikenal luas yang merupakan variasi dari moonwalk, dan penari atau koreografer mana pun pasti tahu bahwa gerakan itu sering digunakan. (Aku telah membagikan video sebagai contoh.)

Jadi, menurut pandangan pribadiku, tidak ada penjiplakan yang terjadi, tidak ada yang benar atau salah, tetapi kedua belah pihak harus dihormati.

Dalam musik dan film, ada banyak yang produksi dengan topik yang sama, tetapi kontennya berbeda. Ada juga contoh di mana keseluruhan gambar sangat berbeda, tapi tetap saja, ada banyak adegan atau potongan yang tumpang tindih dan serupa. Saya menganggap kejadian ini sebagai kasus serupa.

Aku penggemar koreografi ATEEZ dan sering memantau mereka, dan mereka memberiku motivasi positif dan hal yang sama berlaku untuk We Dem Boyz. Meskipun saat ini kami sedang bersaing, aku telah bekerja dengan We Dem Boyz berkali-kali di masa lalu. Aku merasa bahwa situasi saat ini menghasilkan pengaruh negatif bagi kedua belah pihak, jadi aku dengan hati-hati mengutarakan pikiran saya sendiri. #Postedthisbutfeelingscared.”

Choi Young Joon juga menyematkan video kompilasi dari pergerakan kaki serupa yang ditampilkan baik oleh ATEEZ dengan “Say My Name” maupun Vata untuk “New Thing”.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal ini? (www.kpopchart.net)

Leave your vote

12 Points
Upvote Downvote

More in:Idol & Celeb

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.