Drama & MoviePress Release

Raih 6 Trofi di Emmy Awards, Kreator dan Pemain Squid Game Rayakan Dengan Konferensi Pers Spesial!

Serial Korea Squid Game yang fenomenal berhasil memenangkan enam piala dalam acara bergengsi Penghargaan Emmy ke-74 yang diadakan di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 12 September 2022.

Kreator Squid Game Hwang Dong Hyuk meraih Piala Emmy dalam kategori penyutradaraan terbaik dalam serial drama, sementara Lee Jung Jae dinobatkan sebagai aktor terbaik dalam serial drama. Ini menjadikan Hwang dan Lee sebagai orang Asia dan Korea Selatan pertama yang menang dalam dua kategori tersebut, juga yang pertama kalinya melalui serial berbahasa non-Inggris.

Konferensi Pers perayaan kreator dan pemain Squid Game (Foto: Netflix)

Dalam konferensi pers yang diadakan pada hari ini di Seoul, Korea Selatan, Hwang mengenang pengalaman menerima penghargaan tersebut sebagai “momen yang terjadi sekali dalam hidup”, juga “pengakuan berharga” yang “sangat mengesankan”.

Lee yang berhalangan hadir dalam acara hari ini menyampaikan pesan melalui video. Ia berujar bahwa mendengar namanya diumumkan di acara Emmy seakan membuat ia linglung, juga mengutarakan rasa senang dan terima kasihnya kepada para penggemar Squid Game dan tayangan Korea dari seluruh dunia. “Kemenangan ini adalah kegembiraan yang kita rasakan bersama,” tuturnya.

Konferensi Pers perayaan kreator dan pemain Squid Game (Foto: Netflix)

Baik dalam bentuk tayangan televisi, film, musik, maupun makanan, budaya Korea semakin mengukuhkan keberadaannya di level dunia. Ini menjadi salah satu tema yang kerap ditanyakan dalam konferensi pers hari ini. Hwang berkata bahwa dengan memanfaatkan pergeseran tren media dan adanya platform digital seperti Netflix yang memudahkan akses kepada penonton global, kerja keras yang selama ini dilakukan oleh para kreator dapat “berkembang menjadi sesuatu yang menyenangkan”. Ia menyampaikan harapan bahwa keberhasilan ini dapat menyulut semangat para kreator di Korea maupun seluruh dunia.

Beberapa hari sebelum acara penghargaan utama Emmy, Squid Game juga memenangkan Creative Arts Emmys untuk kategori efek visual spesial dalam sebuah episode, pemeran pengganti, desain produksi, dan aktris tamu dalam serial drama. Kategori terakhir dimenangkan oleh Lee You-mi yang menjadi aktris Korea pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Konferensi Pers perayaan kreator dan pemain Squid Game (Foto: Netflix)

Dengan total 14 nominasi, Squid Game mencatat sejarah dengan menjadi serial non-bahasa Inggris pertama sebagai nominee Serial Drama Terbaik. Hwang juga dinominasikan dalam Penulisan Serial Drama Terbaik, sementara pemeran Lee Jung-jae, Park Hae-soo, Jung Ho-yeon, Oh Young-soo, dan Lee You-mi juga merupakan aktor Korea pertama yang dinominasikan dalam kategori masing-masing.

Pencapaian ini diraih hampir satu tahun sejak Squid Game tayang pertama kali di Netflix pada 17 September 2021. Serial ini dengan cepat menjadi fenomena global dan mencatatkan 1,65 miliar jumlah penayangan dalam 28 hari dan ditonton oleh 111 juta akun. Squid Game menjadi serial pertama yang ditonton lebih dari 100 juta pengguna begitu mulai ditayangkan.

Konferensi Pers perayaan kreator dan pemain Squid Game (Foto: Netflix)

“Ini merupakan sebuah perjalanan panjang dengan banyak kejutan dan emosi yang bercampur aduk,” kata produser eksekutif Kim Ji-yeon mengenang perjalanan serial tersebut. “Dulu penonton tayangan Korea hanyalah orang-orang yang berbicara bahasa Korea dan tahu mengenai budaya Korea. Kini platform seperti Netflix bisa menyuguhkan tayangan ini ke semakin banyak orang, pemahaman terhadap budaya negara lain pun semakin mendalam,” ujarnya.

Pada Juni tahun ini, Netflix mengabarkan bahwa Squid Game akan dilanjutkan dengan musim kedua. Hwang mengutarakan bahwa saat ini ia sedang mengembangkan naskahnya dan telah menentukan jenis-jenis permainan mematikan yang akan tampil. Ia juga mengimbau siapa pun yang punya perkiraan tentang musim kedua Squid Game agar tidak membocorkannya. “Jangan sampai ada yang tahu,” ia menekankan. “Pengalaman menonton Squid Game terutama dibangun dari rasa tegang itu.”

Selamat kepada para kreator dan pemain Squid Game yang berhasil meraih trofi penghargaan melalui Emmy Awards! (www.kpopchart.net)

Leave your vote

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.