Drama & Movie

Review dan Sinopsis: The Girl on a Bulldozer, Balas Dendam Gadis Mungil Dengan Mesin Raksasa

Bagi banyak orang, keluarga memang menjadi salah satu hal yang diperjuangkan dengan sangat oleh semua anggotanya, terlebih lagi jika mereka merasa mendapatkan perlakuan tak adil dari orang lain. Hal ini ditunjukkan oleh sang gadis mungil dan film The Girl on a Bulldozer.

Poster The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Film yang di sutradarai oleh Park Ri Woong ini mengusung kisah balas dendam dari seorang remaja yang sering membuat masalah. The Girl on a Bulldozer pertama kali ditayangkan melalui Busan Internasional Film Festival pada 8 Oktober 2021 lalu dan dirilis di bioskop pada 7 April 2022.

1. Karakter dan para pemain
Kim Hye Yoon sebagai Gu Hye Young (Sumber: Little Big Pictures)

Merupakan Gu Hye Young, remaja berusia 19 tahun yang penuh akan semangat jiwa muda, dibintangi oleh aktris dengan portofolio yang panjang, Kim Hye Yoon. Bagi kalian yang menyaksikan drama Snowdrop, pastinya tak asing dengan karakter Gye Bun Ok yang diperankan oleh Hye Yoon, cukup mengundang penonton untuk berkata kasar.

Gu Hye Young yang mudah tersulut emosi sering adu jotos dengan remaja sebayanya, yang mana membuat Hye Young langganan keluar masuk kantor polisi bahkan menjalani sidang. Karena usianya yang masih di bawah umur, Hye Young hanya mendapat hukuman pelatihan puluhan jam terhadap kelakuannya yang bisa dibilang sebagai pembuat onar.

Park Hyuk Kwon sebagai Gu Bon Jin, Park Si Woo sebagai Gu Hye Jeok (Sumber: Little Big Pictures)

Hye Young memilih untuk tak melanjutkan sekolah dan menjalani hidup yang bebas. Ia bekerja di berbagai tempat, walau sang ayah Gu Bon Jin (diperankan oleh Park Hyuk Kwon) memiliki restoran makanan Tiongkok yang cukup sukses.

Adegan Hye Young dengan Choi Young Hwan, diperankan oleh Oh Man Seok (Sumber: Little Big Pictures)

Hye Young juga menggantikan sosok ibu yang telah wafat, untuk menjaga adiknya, Hye Jeok (diperankan aktor cilik Park Si Woo), bocah kecil yang hadir bagai mentari bagi Hye Young. Dalam perjalanannya di sepanjang film, Hye Young juga akan berurusan dengan Choi Young Hwan, seorang direktur dari penyewaan alat berat, diperankan oleh Oh Man Seok.

2. Kisah Emosional dari gadis mungil, Hye Young
The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Walau memiliki tubuh yang terbilang kecil, Hye Young merupakan remaja yang penuh akan emosi yang meluap-luap dan seringkali membuat banyak masalah karena sifatnya tersebut, ditambahkan dengan tato naga pada tangan kirinya, membuat Hye Young tampil bagai gangster.

Menghadapi hari-hari dengan ayah yang hobi berjudi membuat Hye Young hidup sesuka hati. Namun, Ia harus menjalani kehidupan berat setelah sang ayah koma karena kecelakaan misterius yang dialaminya.

Yesung SUPER JUNIOR sebagai Go Yoo Seok (Sumber: Little Big Pictures)

Walau letnan polisi Go Yoo Seok (diperankan Yesung SUPER JUNIOR) ingin membantunya dalam menyelesaikan kasus tersebut, Hye Young yang ‘liar’ memilih jalan sendiri untuk mengungkap kebenaran di balik kejadian naas yang menimpa Gu Bon Jin, ayahnya.

Akting dari Kim Hye Yoon dalam menyuguhkan karakter Hye Young bisa dibilang sukses besar, karena dapat mempresentasikan karakter gegabah dan bertindak tanpa pikir panjang dari Hye Young. Sifat dari Hye Young tentunya dicerna berbeda bagi berbagai macam usia dan budaya.

The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Tak paham berbagai istilah yang digunakan orang dewasa menjadi poin plus bagi penulis dalam menyisipkan detail-detail dari karakter Gu Hye Young yang masih muda, dalam melawan ‘kotornya’ kehidupan.

3. Sinematografi tak biasa di tahun 2022
The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Jangan bingung untuk kalian yang mencoba menyaksikan film The Girl on a Bulldozer. Akan muncul dibenak kalian pertanyaan mengenai tahun rilis film terbaru Korea Selatan tersebut.

Jin Hyun Woo selaku sinematografer dari The Girl on a Bulldozer tampaknya ingin menunjukkan penampilan yang berbeda, membuat proyek yang dirilis pada tahun 2022 tersebut bagai film yang sudah ditayangkan 10 tahun lalu. Permainan kameranya pasti akan membuat kalian sedikit bernostalgia dengan film-film lama dari Korea Selatan.

The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Tak kalah dengan sinematografi populer saat ini, Hyun Woo tetap dapat menyuguhkan dengan maksimal emosi dan sikap-sikap detail dari para karakter dalam The Girl on Bulldozer.

4. Bulldozernya mana?
The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Jujur, judul dan poster dari film ini cukup membuat penasaran. Gu Hye Young (diperankan Kim Hye Yoon) tampil berapi-api saat mengemudikan mesin raksasa tersebut, terlihat pada salah satu posternya. Judul yang menekankan seorang gadis dengan bulldozernya juga membuat kita berimajinasi bahwa ini adalah film yang penuh aksi dan chaos.

Sepanjang film, Hye Young hanya dua kali saja menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan bulldozer. Cukup kontradiktif dengan judul yang disematkan oleh sang sutradara dalam film tersebut.

The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Namun, jika ditelaah lebih jauh, ‘bulldozer’ disini bukan mentah-mentah si benda mati saja, namun Hye Young itu sendiri. Dunia memaksa gadis muda ini untuk hidup bagai sebuah bulldozer, menerjang dengan kuat dan menghancurkan masalah di depannya, walau tak semua hal dapat ditangani oleh si ‘bulldozer’.

Akhir kata, kami merasa bagai ‘terjebak’ oleh The Girl on a Bulldozer, karena awalnya berharap film laga dengan kehebohan yang ada, namun malah disuguhkan dengan berbagai tindakan emosional jiwa muda yang menyentuh hati, seperti Kartu as yang diganti dengan kartu as lainnya.

Sedikit tips, kalian harus menyaksikan film The Girl on a Bulldozer dengan seksama, karena terdapat potongan puzzle yang ‘berserakan’, penting untuk disusun demi memahami dengan detail masalah yang dialami oleh Gu Hye Young.

Poster The Girl on a Bulldozer (Sumber: Little Big Pictures)

Ingin menyaksikan perjalanan dari Gu Hye Young dalam mengungkap misteri kecelakaan dari ayahnya? Kalian dapat menyaksikan The Girl on a Bulldozer melalui platform streaming Viu! (www.kpopchart.net)

Leave your vote

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.