Netizen Room

Yves LOONA Dituduh Rasis Gara-gara Karakter Kartun, Netizen Korea Selatan Naik Pitam?

Baru-baru ini, salah satu anggota dari LOONA, Yves sampaikan permintaan maafnya kepada para penggemar terkait foto profil yang Ia gunakan melalui aplikasi perpesanan FAB.

Kejadian tersebut dimulai dengan Yves yang membagikan foto bibirnya yang bengkak pada 28 Juli 2022. Anggota LOONA tersebut akui bahwa Ia mengalami alergi yang mengakibatkan bagian wajahnya tersebut membesar. Hal ini tentunya mendapat respon dari para penggemar, yang salah satunya menyebutkan bahwa bibir Yves mirip dengan karakter kartun jadul Korea Selatan, Ko Eunae dari animasi Run Hani.

Foto bibir Yves LOONA

Setelah memeriksa karakter yang disebutkan penggemar, Yves dengan segera mengganti foto profil dari akun FAB-nya dengan foto Ko Eunae sekitar pukul 21.00 KST 28 Juli 2022, yang mana juga tersebar ke penggemar Internasional.

Namun, foto profil dari Yves LOONA tersebut mendapat kritikan karena karakter Ko Eunae dianggap rasis, memiliki beberapa karakteristik yang sering ditujukan pada masyarakat Afrika Amerika.

Karena tuduhan tersebut, Yves dengan segera mengganti foto profil FAB miliknya dan merilis permintaan maaf, “Aku tahu kalian kesal karena aku menggunakan gambar Ko Eunae sebagai foto profil. Aku menggunakan gambar tersebut karena karakternya berasal dari kartun yang sempat sangat populer di Korea. Aku minta maaf kepada kalian yang kesal. Kedepannya, aku akan memeriksa untuk mengetahui karakter kartun terkait menyinggung atau tidak.”

Namun respon yang berbeda dilontarkan oleh netizen Korea Selatan, sebagai warga negara yang menyaksikan kartun terkait. Mereka mengkritik orang luar negeri yang menuduh Yves berlaku rasis.

“Saya bisa mengerti jika mereka berpikir bahwa Michol (karakter kartun) terlihat seperti orang kulit hitam, tapi saya tidak pernah berpikir sekali dalam hidup saya bahwa Ko Eunae terlihat seperti orang kulit hitam. Apakah orang kulit hitam benar-benar berpikir bahwa tidak ada orang Asia dengan rambut keriting dan bibir tebal… Sejujurnya, kulit Ko Eunae bahkan tidak gelap.”

“Huh si*lan, apakah mereka pikir semua orang dengan rambut keriting dan bibir tebal itu berkulit hitam?”

“Bukankah Ko Eunae digambar seperti ajumma khas Korea?? Orang-orang yang tidak ingin menggunakan semua uang mereka di salon kecantikan sehingga mereka pergi satu kali ke salon kecantikan untuk mendapatkan jenis perm paling keriting + menebalkan bibir mereka, dia (Ko Eunae) benar-benar seorang ajumma Korea”

“Bagaimana mereka mengharapkan dia untuk berhati-hati dengan hal-hal seperti itu? Ini mengingatkan saya pada orang-orang yang mendengar kata ‘niga’ dalam bahasa Korea dan mengklaim kami mengucapkan kata N, haha” dan beragam komentar lainnya melalui forum komunitas Theqoo.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai masalah ini? (www.kpopchart.net)

Leave your vote

More in:Netizen Room

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.