Idol & Celeb

Dituduh Plagiat ATEEZ, Soyeon (G)I-DLE Malah Daftarkan Hak Cipta Untuk Lagu “SUN”?

Salah satu anggota (G)I-DLE, Soyeon baru-baru ini tuai kritikan dari netizen Korea Selatan setelah tindakannya terhadap lagu “SUN” terungkap.

Kembali pada bulan Februari 2022 lalu, muncul kontroversi antara Soyeon dan KQ Entertainment, yang mana anggota (G)I-DLE tersebut telah menambahkan nama produser musik KQ Entertainment, Eden-ary dalam lagu untuk program My Teenage Girls yang bertajuk “SUN”.

Jeon Soyeon dalam MV “BEAM BEAM” (youtu.be/MqzX9JAZ08U)

Lagu “SUN” diketahui memiliki melodi yang mirip dengan lagu ATEEZ “WAVE” yang dirilis pada 2019 silam, merupakan karya dari  Eden-ary. Nama produser tersebut telah ditambahkan di kredit “SUN”, namun ternyata tindakan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan Eden-ary.

Kasus ini berakhir dengan permintaan maaf dari Cube Entertainment selaku agensi dari Soyeon, serta idol tersebut sendiri telah mengakui kesalahan terhadap tindakannya tersebut.

Namun, baru-baru ini seorang netizen menemukan bahwa lagu “SUN” yang kontroversial tersebut telah didaftarkan untuk mendapatkan hak cipta oleh Soyeon di KOMCA, membuat Soyeon banjir kritikan dari netizen melalui forum komunitas Theqoo.

“Soyeon itu bukan seorang jenius, aku tak ingin mendengar Ia mempromosikan diri sebagai produser jenius, terlebih lagu dia melakukan plagiat untuk karyanya”,

“Ini tetap salah walau pihak bersangkutan telah menyetujui hal (dalam hak cipta) tersebut”,

“Dia mendaftarkan hak cipta sebuah lagu yang Ia plagiat dari orang lain? Gila”

Namun tak sedikit pula  yang mencoba berpikiran positif dengan mengatakan bahwa kemugkinan besar Soyeon telah mengatasi masalah tersebut dengan produser terkait.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai tindakan dari Soyeon (G)I-DLE yang mendaftarkan lagu “SUN” yang kontroversial untuk hak ciptanya? (www.kpopchart.net)

Leave your vote

More in:Idol & Celeb

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.