FeaturedNews

Undang 100 Lebih Pers ke Konser BTS di Las Vegas dan Dituduh Lakukan Suap, HYBE Buka Suara!

Baru-baru ini, perusahaan yang menaungi BTS, HYBE diketahui telah mengundang banyak media Korea Selatan untuk menghadiri konser BTS di Las Vegas. Namun tindakan tersebut berujung ke dugaan penyuapan.

Dilansir melalui Media Today, HYBE dikabarkan telah mengirimkan email pada 17 Maret lalu kepada para jurnalis serta koresponden Korea Selatan yang berada di lingkup dunia hiburan dan berhubungan dengan ekonomi, mengundang mereka untuk berangkat ke Las Vegas dan meliput konser BTS dan konferensi pers-nya.

HYBE (Foto: HYBE)

Seluruh pembiayaan mulai dari tiket pesawat, tempat tinggal, biaya makan, dan test COVID-19 seluruhnya akan dibiayakan penuh oleh HYBE kepada masing-masing satu staf media surat kabar maupun online, dan 3 staf (kameramen, audio, reporter) untuk perusahaan penyiaran.

Namun tindakan dari HYBE tersebut menimbulkan dugaan suap yang telah diatur dalam UU Kim Young Ran, yang mana Undang-undang tersebut melarang pejabat publik (termasuk jurnalis, guru sekolah swasta, dan pasangannya) untuk menerima hadiah lebih dari 50.000 KRW (sekitar 584 ribu Rupiah), atau 100.000 KRW (sekitar 1,1 juta Rupiah) pada acara tertutup seperti pernikahan dan pemakaman; itu juga membatasi pengeluaran makan malam hingga 30.000 KRW (sekitar 350 ribu Rupiah) per orang.

BTS (Foto: BigHit Music)

Tanggapi hal tersebut, HYBE akhirnya angkat bicara tanggapi tindakan mereka, “Konser Las Vegas sangat besar untuk BTS, tetapi ini penting bagi HYBE karena ini mengaktualisasikan rencana kami untuk ‘menghubungkan kota dan konser.’ Sulit bagi kami untuk mewujudkan ide ini karena berbagai tindakan pencegahan COVID-19. Karena pembatasan yang relevan telah dihapus dan kebijakan karantina untuk pengunjung asing juga telah dicabut, kami dapat berbagi visi kami dengan pers.”

Dituduh melakukan suap, HYBE akui juga telah berkonsultasi dengan penasihat hukum dan menanyakan masalah tersebut kepada Komite Anti Korupsi dan Hak Sipil, menjelaskan bahwa hal yang dilakukan oleh HYBE tak melanggar hukum. Biaya transportasi, akomodasi, serta makanan yang disediakan oleh penyelenggara tak dihitung sebagai hadiah terlarang dari UU Kim Young Ran.

Dispatch juga menuturkan bahwa tak semua media Korea Selatan menerima undangan HYBE. Mereka telah memesan tiket semenjak awal Maret 2022 untuk ke Las Vegas, jauh sebelum undangn HYBE di kirimkan. (www.kpopchart.net)

Leave your vote

More in:Featured

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.