Idol & Celeb

Lagu EPEX Diduga Gunakan Istilah Pembantaian Yahudi oleh Nazi, C9 Rilis Klarifikasi

Kembalinya boy group yang berada di bawah naungan C9 Entertainment, EPEX dengan lagu “Anthem of Teen Spirit” timbulkan kritikan dari K-Popers Internasional, khususnya yang berasal dari Jerman.

Bagian lirik dari lagu “Anthem of Teen Spirit” milik EPEX, yaitu ‘Crystal Night is coming’ menjadi kontroversi karena diduga mengambil inspirasi dari kejadian Kristallnacht alias malam beling.

MV “Anthem of Teen Spirit” EPEX (youtu.be/hDmYoPRrq-0)

Dilansir melalui Wikipedia, Kristallnacht merupakan kerusuhan besar yang menargetkan orang Yahudi di seluruh Jerman Nazi pada malam 9 hingga 10 November 1938, yang mana diperintahkan oleh pemimpin Jerman di masa itu, Adolf Hitler, menewaskan lebih dari 91 jiwa.

Sehari setelah perilisan lagu comeback EPEX, pada hari Rabu (13/04) C9 Entertainment akhirnya merilis pernyataan resmi terkait lirik lagu tersebut.

Agensi menyatakan bahwa “Anthem of Teen Spirit”, baik untuk lagu, lirik, maupun MV-nya sebagian besar terinspirasi dari buku milik George Orwell yang dirilis pada 1949.

MV “Anthem of Teen Spirit” EPEX (youtu.be/hDmYoPRrq-0)

“Anthem of Teen Spirit”, adalah lagu yang menyuarakan dan memperingati bahayanya pengajaran dengan sistem bagai robot yang dirasakan oleh anak muda di Korea. Pada lirik ‘the night in the crystal’ mengekspresikan kehidupan realistik dari para remaja, sebagai metafora anak-anak yang bersemangat berkompetisi di jendela berbagai akademi yang bersinar terang bagai kristal setiap malam,” tulis agensi dalam pernyataan resminya.

Untuk menghindari masalah kedepannya C9 Entertainment juga akan mengganti lirik di beberapa bagian dalam lagu “Anthem of Teen Spirit”, yang telah direkam dan secepatnya didaftarkan kembali diberbagai platform musik di seluruh dunia.

Agensi menambahkan untuk tidak menyebar rumor palsu terhadap komposer yang penulis lirik, karena mereka hanya menyuguhkan lagu demo dengan lirik yang jauh berbeda. Seluruh lirik dan kisah di dalamnya merupakan karya dari C9 Entertainment.

Kalian dapat membaca pernyataan lengkap dari C9 Entertainment terkait lagu comeback EPEX “Anthem of Teen Spirit” yang tuai kontroversi di bawah ini. (www.kpopchart.net)

Leave your vote

More in:Idol & Celeb

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.