Press Release

KCC Indonesia Siap Suguhkan Film Dokumenter KBS Sejarah K-Pop, Tayang Gratis di 5 Kota!

Dalam rangka memperkenalkan sejarah K-Pop kepada penggemar Hallyu di Indonesia, Korean Culture and Information Service (KOCIS) beserta Korean Cultural Center (KCC) Indonesia, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia Business Center, dan Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta akan menggelar acara penayangan 4 episode film dokumenter KBS Suatu Debut, Musisi Pengubah Era di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan.

Dimulai dari Bandung, Jawa Barat pada 4-5 Maret, dilanjutkan ke Yogyakarta pada 12 Maret; Surabaya, Jawa Timur pada 19 Maret, Jakarta pada 25-27 Maret serta Medan, Sumatera Utara 2 April.

Film dokumenter KBS Suatu Debut, Musisi Pengubah Era (tayang di KBS 1TV, 14-17 Oktober 2021) yang berjumlah 4 episode adalah suatu film dokumentasi musik yang berisi wawancara dengan artis-artis utama Korea mengenai momen-momen penting dalam 100 tahun sejarah musik pop Korea.

Poster film Suatu Debut, Musisi Pengubah Era (Foto: KCC Indonesia)

Episode lengkap terdiri atas episode 1 “Kelahiran Musik Pop”, episode 2 “Lagu, Sayap dari Kebebasan”, episode 3 “Pas Sesuai Selera”, dan episode 4 “Kelahiran Generasi Baru”. Masing-masing episodenya telah mendapatkan pujian sebagai film dokumenter berkualitas tinggi yang memperkenalkan sejarah perkembangan musik pop Korea dari awal mulanya hingga kini populer di seluruh dunia. Film dokumenter tersebut memuat kisah latar belakang tiap era, juga pembinaan dan gambaran jelas penyanyi serta pihak-pihak yang terlibat dalam musik pop Korea.

Musik pop Korea adalah cikal bakal K-Pop. Sebagai upaya untuk memperkenalkan sejarah perkembangannya kepada masyarakat Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia ingin menunjukkan bahwa kesuksesan K-Pop—konten pokok dari Hallyu saat ini—bukanlah suatu kebetulan belaka. Hal ini merupakan wujud perkembangan pesat dari kekuatan budaya dan seni populer Korea yang telah terkumpul selama hampir 100 tahun.

Korean Cultural Center Indonesia bekerja sama dengan KBS merancang acara penayangan Suatu Debut, Musisi Pengubah Era dan mengadakan subtitle bahasa Indonesia demi membantu pemahaman penonton Indonesia. Bekerja sama dengan KOCCA Indonesia Business Center, acara ini diadakan dalam format penayangan film keliling yang bertempat di bioskop CGV, di kota-kota besar Indonesia.

Acara penayangan film ini diadakan secara gratis dan terbuka untuk umum bagi segala usia. Pengunjung hanya perlu melakukan registrasi sebelumnya dan mendapat konfirmasi untuk menonton 4 episode film dokumenter secara lengkap sepanjang 4 jam. Pengunjung juga berkesempatan mengikuti undian.

Indonesia sebagai negara dengan penggemar Hallyu terbanyak tentunya memiliki banyak penggemar K-Pop terkini maupun penggemar musik pop Korea tahun 80-90an. Acara penayangan film dokumenter kali ini menarik banyak perhatian dan diharapkan dapat memperluas cakupan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap musik pop Korea serta meningkatkan keberlangsungan Hallyu. (www.kpopchart.net)

Leave your vote

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.