Netizen Room

Henry Tuai Kecaman Setelah Rilis Permintaan Maaf Terkait Kontroversi ‘Kebijakan Satu Tiongkok’?

Henry lagi-lagi menjadi topik hangat netizen Korea Selatan setelah dirinya mengunggah pesan permintaan maafnya terkait kontroversi ‘Kebijakan Satu Tiongkok’ yang Ia dukung.

Belum lama ini, JTBC dan beberapa media besar di Korea Selatan telah memberitakan kontroversi Henry Lau yang mendukung ‘Kebijakan Satu Tiongkok’ dan distorsi sejarah. Kerasnya kritikan dari Korea Selatan, baik dari media maupun netizen membuat Henry akhirnya merilis permintaan maaf dalam bahasa Korea.

Permintaan maaf tersebut dirilis oleh Henry Lau melalui instagram pribadinya pada tanggal 19 Maret 2022 lalu (kini telah diarsip/dihapus).

Permintaan maaf Henry Lau di IG

“Ini Henry. Pertama-tama, saya minta maaf jika saya melakukan kesalahan termasuk tindakan dan kata-kata saya. Sejak hari pertama, saya selalu ingin memberikan tawa atau emosi bahagia di mana pun saya muncul, tetapi saya terluka karena saya tidak bisa melakukannya akhir-akhir ini. Intinya…Aku bukan orang yang akan meninggalkan sesuatu, melupakannya. Tetapi karena pandemi, saya harus tinggal setidaknya beberapa bulan jika saya pergi ke suatu tempat jadi saya minta maaf tentang itu. Aku sangat merindukan kalian semua.

Saya tetap diam karena saya pikir tidak banyak orang akan percaya karena dunia maya penuh dengan berita palsu. Tetapi saya menyadari betapa buruknya situasinya setelah orang-orang yang bertemu dengan saya secara pribadi mempercayainya dan sekarang saluran berita utama (juga)… Bagian yang paling menyakitkan adalah banyak yang merasa tidak nyaman bukan karena tindakan atau kata-kata saya, tetapi karena garis keturunan saya.

Saya hanya ingin membuat orang bahagia tetapi saya tidak tahu harus berbuat apa jika ada orang yang kesal karena garis keturunan saya. Saya minta maaf kepada penggemar saya karena tidak menepati janji saya bahwa saya akan selalu membagikan kabar baik dan tampil dalam diri saya yang terbaik. Saya minta maaf.”

Permintaan maaf dari Henry tersebut malah mendapatkan kritikan netizen Korea Selatan karena Henry banyak melakukan kesalahan dalam penulisan, walaupun, melalui berbagai bukti yang dikirimkan oleh netizen terlihat Henry mengirimkan komentar dengan penulisan hangeul yang jelas dan tanpa kesalahan.

Thread tentang Henry Lau di Theqoo (theqoo.net)

Melalui kolom komentar Theqoo, netizen lain juga mengkritik tindakan dari Henry tersebut yang dianggap menggunakan ‘garis keturunan’ sebagai gimik untuk playing victim.

“Bagaimana dia bisa menjadi begitu populer di Korea jika Korea sangat xenophobia sejak awal? Saya tidak mengerti mengapa dia membawa garis keturunannya dalam permintaan maafnya”

“Yah, aku mengerti dia bisa melupakan bahasa Korea karena itu bukan bahasa pertamanya dan dia telah melakukan promosi di Tiongkok untuk sementara waktu. Tapi jika dia ingin tulus tentang permintaan maafnya, dia setidaknya harus menggunakan pemeriksa tata bahasa. Aku tidak pernah melihat idola Korea memposting permintaan maaf dalam bahasa Inggris yang jelek.”

“Tidak ada yang salah dengan garis keturunanmu? Kamu orang Kanada dan orang tuamu berasal dari Hongkong dan Taiwan lol Dan kamu mendukung kebijakan Satu-Tiongkok.”

“Dia salah ketik mengatakan maaf dalam bahasa Korea lol Hal pertama yang Anda pelajari dalam bahasa apa pun adalah ‘maaf’ dan ‘terima kasih’.”

“Dia mencoba menghasilkan lebih banyak uang di Tiongkok setelah mengorbankan dirinya sendiri, jadi permintaan maaf ini bukan untuk orang Korea lol”

Bagaimana tanggapan kalian mengenai kontroversi ini? (www.kpopchart.net)

Leave your vote

-1 Points
Upvote Downvote

More in:Netizen Room

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.