Idol & CelebUser Articles

16 Tahun Berkarya, Super Junior Tetap Konsisten Jaga Kebersamaan

Salah satu grup generasi kedua K-Pop besutan SM Entertaiment yaitu Super Junior, saat ini tengah merayakan hari jadinya ke-16 tahun pada 6 November 2021. Tepat pada hari ini 16 tahun yang lalu, Super Junior resmi memulai debutnya bersama 12 anggota dengan lagu ‘Twins (Knock Out)’.

Penampilan resmi Super Junior di depan publik saat itu, membawa banyak visi dan misi bagi babak baru industri musik K-Pop. Walau pun sempat menerapkan sistem rotasi anggota, namun pada 26 Mei 2006 Super Junior resmi mengukuhkan keseluruhan anggota yang berjumlah 13 orang bersama Kyuhyun sebagai anggota terakhirnya.

Sejak masa itu, telah banyak sistem dan konsep yang secara berahap telah merubah kondisi grup Super Junior semakin berkembang. Ada pun permasalahan tak luput dilewatkan untuk dijadikan pembelajaran berharga di masa depan, guna tercapainya perkembangan Super Junior menjadi lebih baik lagi. Hingga akhirnya sampai dengan saat ini, aktivitas secara grup Super Junior diisi bersama 9 anggota saja yang terdiri dari Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook dan Kyuhyun.

Maka dengan memasuki perayaan ke-16 tahun ini, keseluruhan anggota Super Junior pun turut merayakan hari jadinya dengan menggelar pesta online bersama para fans bertajuk ‘Super Junior 16th Anniversary Party’ disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube resmi Super Junior pada Jum’at, (05/10/2021) pukul 23.00 KST.

Diketahui bahwa beberapa waktu terakhir keseluruhan anggota Super Junior tengah disibukkan dengan aktivitas masing-masing, yang membuat intensitas pertemuan semua anggota menjadi kurang. Melalui acara perayaan ini, seluruh anggota bisa berkumpul kembali serta penampilan yang dipakai oleh para anggota nampak kompak dengan menggunakan setelan busana berwarna biru yang menjadi ciri khas warna Super Junior dan ELF (fans Super Junior).

Tak lupa dekorasi dan artistik yang digunakan semakin mendukung keseruan perayaan hari jadi Super Junior. Acara ini diisi oleh tiga segmen utama dengan diawali membahas aktivitas masing-masing anggota dengan format ‘Super Junior News’, memainkan permainan tebak pilihan, membacakan surat dari ELF sekaligus bersama-sama meniup lilin.

Sepanjang acara berlangsung, ELF dapat menikmatinya karena adanya penerjemah teks bahasa inggris yang memudahkan komunikasi Super Junior dan ELF. Bahkan Eunhyuk menyampaikan kepada ELF agar bersiap-siap untuk aktivitas Super Junior di tahun depan.

“Semuanya, kalian harus berisap-siap! Baik itu tur atau apa pun. Kalian akan ‘lari’ bersama kami juga! Mari berpegangan tangan dan ‘lari’ bersama-sama.” serta adanya aktivitas Ryeowook yang rencananya akan merilis album solo dan tengah mempersiapkannya. Ada pun ucapan-ucapan terima kasih yang disampaikan Super Junior kepada ELF yang telah mendukung dan tetap bersama Super Junior hingga saat ini. Leeteuk menyampaikan “Seiring berjalannya waktu, tim (Super Junior) mungkin kehilangan kekuatan. Semua anggota aktif melindungi nama Super Junior, jadi ELF harus melindungi kami juga.”

Hubungan Super Junior bersama para anggota dan ELF telah terjalin begitu lama dan dijalani dengan baik sehingga dapat semakin dekat dari waktu ke waktu. Walau pun tengah disibukkan dengan aktivitas masing-masing, tentu tidak menjadikan hubungan semua anggota menjadi renggang. Selalu ada kesempatan untuk memberikan dukungan terbaik dengan berbagai cara kepada satu sama lain. Sehingga hal ini yang menjadi salah satu kunci keberhasilan Super Junior dapat bertahan dan tetap berkarya dengan bersinar hingga saat ini.

Happy Anniversary Super Junior! (www.kpopchart.net)

Artikel ini ditulis oleh Ismayati Akmaliya

More in:Idol & Celeb

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.