Netizen Room

Netizen Korea Sebut Grup Tiongkok SM dan Grup Jepang JYP Bukan Idol K-Pop?

Netizen Korea Selatan kembali membahas status grup Tiongkok dan Jepang yang didebutkan oleh SM Entertainment dan JYP Entertainment.

Seperti yang penggemar ketahui, JYP Entertainment telah mendebutkan girl group Jepang mereka yang bernama NiziU.

NiziU merupakan sebuah grup yang seluruh anggotanya berasal dari Jepang, tetapi diproduksi oleh agensi dan produser Korea Selatan. Saat mendebutkan NiziU, Park Jin Young mengatakan, “Kami berencana mendebutkan grup global yang bisa aktif di seluruh dunia dan tidak hanya di Jepang.”

Selain JYP Entertainment, agensi lain juga sudah mulai berencana membuat grup khusus di luar negeri. SM Entertainment bahkan telah membuat unit khusus untuk NCT di Tiongkok, yang diberi nama WayV. Selain di Tiongkok, tahun depan SM Entertainment juga berencana mendebutkan grup di Amerika Serikat melalui sebuah program survival yang diproduksi oleh perusahaan MGM.

Melihat fenomena tersebut, hal ini tentunya menjadi sebuah topik diskusi hangat di kalangan netizen, khususnya netizen Korea Selatan. Mereka berdebat apakah grup-grup ini bisa dikategorikan sebagai idol K-Pop.

Beberapa komentar netizen Korea Selatan di situs Naver:

“Membuat girl group di Jepang sama sekali tidak ada hubungannya dengan K-Pop. Kalian hanya memberikan rahasia negara kita kepada negara lain,”

“Kenapa disebut K-Pop kalau seluruh anggotanya berasal dari Jepang dan bernyanyi dalam bahasa Jepang? Mereka juga hanya melakukan promosi di Jepang. Aku merasa kalau Park Jin Young dan Lee Soo Man sudah merusak esensi dari K-Pop,”

“Aku rasa mereka harus disebut J-Pop atau C-Pop kalau seluruh anggotanya berasal dari Jepang dan Tiongkok dan mereka bernyanyi dengan bahasanya sendiri,”

“Kalau K-Pop, mereka harus mencari talenta di Korea dan mendebutkan mereka,”

“Aku merasa kalau mereka memberikan sistem dan pengetahuan dari industri K-Pop secara cuma-cuma,” dan berbagai komentar lainnya. (www.kpopchart.net)

More in:Netizen Room

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.