FeaturedIdol & CelebUser Articles

Resmi Hengkang, Yuk Kenang Penampilan Kwang Soo di ‘Running Man’ Serta Kehadirannya di Indonesia!

‘Running Man’ adalah salah satu acara ragam asal Korea Selatan yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tayang perdana pada 11 Juli 2010 dan mengusung tema balapan untuk memenangkan hadiah, acara yang satu ini meraih kesuksesan yang besar. Sayangnya, pada tanggal 27 April 2021, penggemar ‘Running Man’ dibuat sedih dengan kabar salah satu pemain kesayangannya yang memutuskan untuk mundur, yaitu Lee Kwang Soo.

Formasi member ‘Running Man’ seiring waktu memang sering berganti. Bermula dengan 7 member tanpa Song Ji Hyo. Yoo Jae Suk, Haha, Jee Seok Jin, Kim Jong Kook, Gary, Lee Kwang Soo, dan Song Joong Ki adalah member awal ‘Running Man’. Ji Hyo yang tampil mulai dari episode 2 pun akhirnya dijadikan member tetap ‘Running Man’. Lizzy After School sempat menjadi member tetap, walau akhirnya keluar. Di April 2011, Song Joong Ki pun juga memutuskan untuk keluar dari ‘Running Man’. Balapan bersama selama 6 tahun, pada 26 Oktober 2016, Gary mengumumkan kepergiannya dari acara untuk fokus kepada karir musiknya. Yang nantinya, ia digantikan oleh Yang Se Chan dan Jeon So Min mulai dari episode 346.

Berlari selama 11 tahun membuat ‘Running Man’ menjadi sensasi asia. Tidak sedikit yang ketagihan akan episode-episode serunya. Episode special di Hongkong, Macau, Vietnam, Thailand, China, dan lain-lain. Terkena demam ‘Running Man’, beberapa remake acara ini pun sudah ditayangkan di beberapa negara asia. Di China, spin-off yang berjudul Keep Running telah tayang dari tahun 2014. Dan yang paling familiar di telinga penulis adalah spin-off edisi Indonesia yang mengadaptasi konsep yang sama atau Mission X.

Pernah ke Indonesia bukan hanya sekali tapi dua kali. Episode spesial ke-200 ‘Running Man’ diselenggarakan di tanah air tercinta ini. Member ‘Running Man’ seru-seruan main permainan di Taman Safari, Bogor. Kwang Soo sendiri pernah masuk ke kandang buaya untuk melepas pita yang diikatkan ke ekor binatang buas tersebut. Episode tersebut diakhiri dengan beberapa member ‘Running Man’ yang mengikuti ajang pertandingan sepak bola Asian Dream Cup. Ditonton lebih dari 60 ribu penggemar di GBK. Episode spesial ini sangat melekat pada para penggemar Indonesia dan menjadi salah satu momen ‘Running Man’ tak terlupakan.

Episode spesial Indonesia yang kedua adalah pada episode 369-371. Dimana hanya Lee Kwang Soo dan Jeon So Min yang pergi ke Yogyakarta untuk melaksanakan misi hukuman. Melihat skenario pemandangan familiar kursi kabel di Yogyakarta, penulis ingat pernah melihat destinasi yang satu ini di acara korea lain yaitu ‘Barefoot Friend’ (2013). Lee Kwang Soo pun harus melintasi dua batu karang dengan lautan di bawahnya dengan kursi kabel tersebut di Pantai Timang, Gunung Kidul.

Memainkan permainan berbeda dari biasanya, di episode 242 ini ide misi yang dimainkan berasal dari pemirsa ‘Running Man’ di seluruh dunia. Salah satu permainan yang dipilih berasal dari negara kita, yaitu permainan memasukan pensil kedalam botol.

Terkenal di mancanegara, acara ‘Running Man’ pun berani mendatangkan tamu tamu ternama Hollywood. Seperti Jackie Chan, Tom Cruise juga datang meramaikan salah satu episode ‘Running Man’ dengan Simon Pegg dan Henry Cavill untuk mempromosikan ‘Mission: Impossible’. Ryan Reynolds, Melanie Laurent dan Adria Arjona juga datang pada episode 482.

Dengan banyaknya episode lucu dan seru yang diiringi senda gurau anggota, tentu saja berita tentang Lee Kwang Soo yang memutuskan untuk hengkang dari acara ini sangat mengejutkan. Dilansir oleh Starship di press statement nya bahwa “Kami memberitahukan Lee Kwang Soo akan meninggalkan SBS ‘Running Man’ setelah penampilan terakhirnya pada 24 May,” bunyi statement tersebut. Terungkap alasan anggota ‘Running Man’ yang satu ini adalah karena kecelakaan yang dialaminya pada tahun 2020 silam.

Pada Februari 2020, Lee Kwang Soo terlibat dalam kecelakaan mobil yang menyebabkan pergelangan kaki kanannya retak. Setelah menjalani operasi, Kwang Soo sempat absen dari ‘Running Man’ sementara untuk menjalani terapi dan beristirahat. Saat ia kembali Kwang Soo terlihat menggunakan gips dan penyangga untuk membantu nya beraktivitas. Dengan padatnya jadwal ‘Running Man’, Kwang Soo pun tidak bisa melakukan rehabilitasi total. Ia mengeluhkan bahwa akan sulit untuk mencapai performa utuhnya kedepannya. Berdasarkan hasil diskusi bersama dengan para staff, mereka pun mencapai keputusan akhir dimana Lee Kwang Soo akan menyudahi perannya sebagai salah satu anggota ‘Running Man’ pada tahun 2021.

Tentu saja keputusan ini diambil dengan susah, apalagi Kwang Soo menjadi salah satu member favorit para penggemar dan juga para staff sejak 11 tahun bersama ‘Running Man’. Ia juga mendapat julukan Asia Prince dari acara ini. Para penggemar banyak yang menyuarakan kesedihannya di berbagai platform media social atas kepergian Kwang Soo. Tapi kita tahu, kesehatan adalah nomor satu. Penggemar pun mengharapkan ia lekas sembuh dengan total dan menyuarakan dukungannya untuk Lee Kwang Soo.

Momen akhir Lee Kwang Soo pun diangkat oleh Yoo Jae Suk pada awal episode ke 557 dengan menyapa “Katanya kau akan keluar dari acara ini?”. Ji Hyo member lain pun juga berkomentar tentang artikel yang menyebutkan kepergian Kwang Soo dari acara tersebut. Haha berusaha membuat suasana menjadi menyedihkan walaupun gagal. Ji Seok Jin juga mengatakan mereka harus menyerukan slogan mereka saat menjadi Easy Brother yaitu, ‘Feel! Touch! Cross!’ selagi menghitung episode terakhir ‘Running Man’ bersama Lee Kwang Soo.

Episode terakhir pun ditayangkan pada hari Minggu, 13 Juni 2021. Di keseruan terakhir Lee Kwang Soo dan para member lainnya ini, akan benar-benar menguras air mata para penonton. Perlombaan yang satu ini adalah balapan untuk siapa yang paling banyak mengambil foto bareng Lee Kwang Soo untuk mendapat hadiah. Diawali dengan mengunjungi tempat-tempat yang bermakna bagi Kwang Soo. Mereka-pun menyantap makanan yang memiliki arti dalam bagi hubungan antar member. Hari pun ditutup dengan para member lain yang menuliskan surat untuk anggota kesayangannya itu. Episode yang penuh haru itu membawa lebih banyak kejutan pada akhirnya. Dimana Lee Kwang Soo yang diam-diam menyiapkan hadiah perpisahan untuk para member.

Walau sedih akan kepergian Lee Kwang Soo dari acara, ‘Running Man’ akan terus berlari tanpanya di minggu depan. Dengan masih banyak lagi keseruan yang bisa dijumpai di ‘Running Man’, para penonton pun melayangkan harapan akan nasib acara kepada para member yang tersisa. Bersama awalan baru ini, cuplikan konten perlombaan minggu depan ‘Running Man’ pun disuguhkan dan terlihat tidak kalah seru dari yang sudah-sudah. Acara yang memiliki slogan ‘Jangan Jalan, Lari!’ ini akan berlari dengan 7 member dan menghiasi akhir minggu-mu dengan ceria. (www.kpopchart.net)