FeaturedIdol & Celeb

Jessi Dituding Rasis Saat Wawancarai TWICE, Tim Produksi Minta Maaf

Jessi belakangan mendapat tudingan rasisme setelah mewawancarai anggota TWICE.

Pada 17 Juni lalu, program ‘Showterview’ yang dibawakan oleh Jessi di SBS Mobidic menghadirkan anggota TWICE sebagai bintang tamu.

Selama wawancara berlangsung, Jessi bertanya siapa anggota yang ingin bertukar tubuh selama sehari dengan anggota TWICE lainnya. Mendengar pertanyaan tersebut, Tzuyu langsung memilih Dahyun, karena ia ingin mencoba hidup dengan kulit putih.

Saat mendengar itu, Jessi langsung memandang kulit lengannya sendiri dengan ekspresi yang dilebih-lebihkan, membuat anggota TWICE tertawa karena Jessi memang dikenal dengan kulit yang kecokelatan.

Seraya bercanda, Jessi mengatakan, “Kenapa kau tidak mencoba ‘ttaemili’? Pernah sekali, aku mencoba menggosok kulitku dengan kuat dan itu menjadi seperti kulit bayi.”

‘Ttaemili’ merupakan sebuah metode yang biasanya digunakan oleh masyarakat Korea Selatan untuk membuang kulit mati dengan menggunakan sarung tangan bertekstur kasar. Namun, hal itu disalah artikan sebagai ‘kotoran’. Sehingga banyak yang menuding Jessi telah bersikap rasis terhadap warna kulit gelap.

Menanggapi kontroversi tersebut, pihak tim produksi ‘Showterview’ langsung menyampaikan permintaan maaf mereka dan memberikan klarifikasi.

“Halo, ini adalah tim produksi ‘Showterview’ Jessi.

Saat memberikan subtitle bahasa Inggris untuk episode acara kemarin dengan anggota TWICE sebagai bintang tamu, komentar Jessi menggunakan kata ‘ttaemili’ yang memiliki arti membersihkan badan dengan menggosok dalam budaya mandi Korea, salah diterjemahkan oleh tim kami sebagai ‘kotoran’ alih-alih ‘membersihkan’, sehingga membuat banyak penggemar marah.

Kami selaku tim produksi ‘Showterview’, dengan tulus meminta maaf atas kesalahpahaman yang disebabkan oleh subtitle bahasa Inggris kami serta kesalahan dalam menerjemahkan komentar Jessi. Baik Jessi dan anggota TWICE tidak pernah bermaksud agar komentar mereka dikeluarkan dari konteks ‘membersihkan’. Selain itu, tidak ada niat untuk menyinggung siapa pun dengan pemilihan kata mereka.

Tim produksi ‘Showterview’, mengakui dan bertanggung jawab atas penyediaan teks bahasa Inggris yang menyebabkan salah tafsir. Kami akan melakukan yang terbaik untuk lebih berhati-hati kedepannya. Video saat ini sedang direvisi sehubungan dengan kesalahan terjemahan. Kami sangat menyesal telah mengecewakan pemirsa kami.

Di masa mendatang, tim produksi ‘Showterview’ akan menggunakan waktu ini untuk merefleksikan dan menyempurnakan misi kami untuk memberikan hiburan dan kegembiraan bagi audiens kami.”

– Tim produksi ‘Showterview’

Kalian bisa menyaksikan episode ‘Showterview’ yang dibintangi oleh anggota TWICE melalui video berikut ini! (www.kpopchart.net)