ExclusiveFeaturedIdol & Celeb

Penyanyi Korea LambC Ternyata Hampir Debut Sebagai Anggota Band Indonesia

Siapa yang menyangka kalau penyanyi asal Korea Selatan, LambC, hampir debut sebagai anggota band Indonesia.

Baru-baru ini dalam wawancara eksklusif bersama K-Touch Indonesia, LambC berbicara tentang album barunya hingga kecintaannya terhadap industri musik Indonesia.

K-Touch Indonesia sendiri merupakan program kolaborasi antara KOC TV dan Kpop Chart yang bertujuan untuk menghubungkan musisi dan penyanyi dari Korea Selatan kepada audiens dan penggemar di Indonesia.

Mulanya ia berbicara tentang makna dari nama panggung LambC yang ternyata diambil dari nama panggilannya dari teman-temannya di Korea, “Lamb-si”.

Mengenai alasannya terjun ke dunia musik, LambC menjelaskan, “Aku mulai memainkan musik di gereja, jadi itu adalah bagian besar dari mengapa aku terjun ke dunia musik. Mulai dari bermain terompet, kemudian piano, tapi aku tidak terlalu suka jadi aku pindah ke drum, dan mulai dari sana semuanya tentang musik.”

Mengenai hal yang paling membuatnya bersemangat dan kesulitan dalam pembuatan album ‘I’ll See You When I See You’, LambC menuturkan, “Bagian yang paling membuatku bersemangat ialah aku bisa memproduksi album bersama teman dekatku, mantan teman sekamar di Berklee, namanya SH, dia juga akan segera merilis album.”

“Biasanya aku mengalami kesulitan jika menulis lagu dengan orang lain, karena aku sangat tahu apa yang aku inginkan secara musikalitas, terkadang itu membuat konflik di antara penulis. Tapi dengannya, kami punya chemistry yang baik. Jadi setiap kali aku menulis lagu dia menyukainya, dan setiap kali ia menulis lagu aku suka. Jadi itu sangat lancar dan menyenangkan.”

“Aku rasa hal yang paling sulit di album ini ialah karena album ini memiliki 12 lagu, dan aku mempunyai tenggat waktu sekitar 3 bulan untuk menyelesaikannya, dari menulis, rekaman, dan mastering, jadi secara waktu sangat berat. Tapi pada akhirnya menurutku semuanya sepadan,” ujarnya.

Terkait alasannya berkolaborasi dengan Stella Jang di lagu utama ‘Fortune Teller’, “Ketika aku dan SH menulis ‘Fortune Teller’, untuk beberapa alasan kami berdua tahu bahwa ini harus menjadi lagu duet dengan artis wanita. Dan di kepalaku ada Stella noona, itu seperti lagunya Stella. Setelah kami membuat demo, aku mengirimkannya kepada Stella dan ia bilang, ‘Ya ampun lagunya bagus banget, aku mau melakukannya’. Dan setelah itu semuanya berjalan dengan lancar.”

Ketika ditanyakan mengenai Indonesia, secara mengejutkan LambC mengaku pernah hampir debut sebagai anggota band Indonesia, EDEN.

Seperti yang ia sampaikan, “Menariknya, aku memulai karir musik ‘resmiku’ di Malaysia, kampusnya bernama IKOM. Di kampus itu ada banyak musisi dari banyak negara. Tapi, satu hal yang pasti adalah musisi dari Indonesia adalah yang paling musikal dibandingkan dengan yang lain.”

“Jadi aku punya kesempatan untuk bermain dengan orang-orang seperti Yahuda, aku tidak tahu apakah ia akan melihat ini. Dan jika berbicara tentang industri musik Indonesia, aku dulu berada di band bernama EDEN. Mereka masih aktif, aku yakin mereka masih berkarir di dunia musik. Aku hampir menanda tangani kontrak dengan band EDEN di Indonesia. Ryan adalah teman dekatku di sana.”

“Aku dulu sering mendengarkan seorang bassist bernama Barry Likumahuwa. Dan aku pernah bermimpi untuk tampil di Java Jazz Festival. Jadi aku sangat menyukai industri musik Indonesia, aku pikir musik di sana tidak bisa ditandingi oleh musik-musik negara lain, sekalipun dibandingkan dengan Amerika Serikat,” ujar LambC.

Kalian bisa menyaksikan wawancara selengkapnya bersama LambC melalui video di bawah ini dan jangan lupa tonton video musik terbaru dari LambC yang berjudul ‘Fortune Teller’! (www.kpopchart.net)