News

Netizen Heboh Hak Cipta Lagu-lagu Idol K-Pop Ini ‘Dimiliki’ Tiongkok

Hubungan yang masih memanas antara netizen Korea terhadap Tiongkok baru baru ini kembali memuncak setelah lagu-lagu idol K-Pop di YouTube tanpa diketahui terdaftar atas produser asal Tiongkok.

Mulai dari ‘Morning Tears’ IU, ‘Good Person’ Toy, ‘From me to you’ Davichi, OST ‘Blue Swallow’ yang dinyanyikan Lee Seung Chul dan masih banyak lagu di YouTube lainnya baru baru ini kedapatan didaftarkan sebagai ‘milik’ produser dari Tiongkok.

Lebih lanjut, diketahui bahwa artis Korea yang sejak awal memiliki lagu tersebut tidak dapat menerima keuntungan hak cipta yang sesuai (dari pendapatan iklan YouTube), di mana keuntungan tersebut dialihkan kepada orang yang berbeda.

Younha, salah satu musisi Korea yang juga terkena dampak, di mana lagunya ‘Waiting’ juga terdaftar atas pemegang hak cipta produser Tiongkok, mengumumkan bahwa ia akan segera mengambil tindakan serius untuk isu ini.

Jika orangnya bertanya dan mengikuti prosedur yang sesuai, aku akan menyetujui laguku untuk digunakan. Aku terkejut karena mereka menggunakan cara yang diluar imajinasiku, tapi aku akan mengambil tindakan untuk melawan itu,” tulis Younha melalui akun Instagramnya.

Yah, itu bahkan lebih dari yang bisa kalian bayangkan .. Gila

Apa yang dilakukan YouTube?

Tiongkok, negara pencuri tidak bisa hidup tanpa budaya Korea ㅋㅋㅋ Koloni Budaya

Wow, ini di luar imajinasi 

Karena tidak memiliki kebebasan berpikir dan berekspresi, mereka hanya dapat mencuri dari orang lain karena tidak tahu cara menciptakan budaya sendiri

Dari sebagian musisi Korea yang dirugikan atas isu ini, baru Younha saja yang menyuarakan tindakan yang akan dilakukan kedepannya.

Sementara sejauh ini pihak YouTube sendiri selaku distributor lagu masih belum buka suara terkait isu ini. (www.kpopchart.net)

More in:News

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.