Drama & Movie

Ini Tanggapan Blue House Soal Petisi Hentikan Syuting Drama ‘Snowdrop’

Blue House akhirnya memberikan pernyataan resmi mereka terkait petisi hentikan syuting drama ‘Snowdrop’.

Sebelumnya masyarakat Korea Selatan membuat sebuah petisi di website resmi kepresidenan Korea Selatan, Blue House.

Petisi itu dibuat oleh netizen Korea lantaran adanya dugaan distorsi sejarah pada alur cerita drama ‘Snowdrop’.

Menurut aturan di website Blue House, sebuah petisi akan ditanggapi oleh pemerintah setelah mendapatkan lebih dari 200 ribu suara.

Setelah petisi tersebut melampaui 200 ribu suara, kini pihak Blue House memberikan pernyataan resmi mereka, “Pemohon yang membuat petisi ‘Hentikan Syuting Snowdrop’ menuliskan, ‘Mereka menghina gerakan demokrasi dan mencoba untuk memuliakan NIS’. Lebih dari 220.000 orang sudah berpartisipasi dalam petisi tersebut.”

“‘Kontroversi ini bermula karena sinopsis dan perkenalan karakter yang belum selesai’, kata pihak televisi yang akan menayangkan drama. ‘Ini bukan drama yang meremehkan gerakan demokratis dan mengagungkan mata-mata dan NIS’. Drama ini sedang dalam tahap produksi.”

Pihak Blue House melanjutkan, “Secara khusus, intervensi langsung pemerintah dalam sebuah karya dapat melanggar kebebasan berekspresi, sehingga membutuhkan pendekatan yang hati-hati. Pemerintah menghormati keputusan otonom yang diambil oleh sektor swasta, termasuk content creator dan produser yang membuat konten-konten yang bertentangan dengan sentimen nasional.”

“Korea Communications Standards Commission (KCSC) akan terus meninjau secara menyeluruh terhadap keadilan, sentimen publik, dan kepatuhan terhadap tanggung jawab penyiaran publik. Kedepannya, pemerintah akan terus melakukan komunikasi dengan seniman budaya dan masyarakat agar berbagai diskusi mengenai hasil karya budaya dapat berlangsung dengan lebih sehat,” ungkap mereka. (www.kpopchart.net)