FeaturedIdol & Celeb

10 Pembubaran Grup K-Pop yang Paling Bikin Syok Versi Netizen Korea

Netizen Korea Selatan membahas tentang pembubaran grup K-Pop yang paling membuat mereka merasa syok.

Platform Exciting DC baru-baru ini menggelar sebuah voting untuk menentukan pembubaran grup K-Pop yang paling mengejutkan sepanjang sejarah.

Dari sekian banyak pembubaran grup K-pop, Exciting DC kini telah mengungkap daftar 10 pembubaran grup K-Pop yang paling mengejutkan banyak orang.

S#ARP

Dengan total 1% suara, S#ARP menempati peringkat ke-10 sebagai pembubaran grup K-Pop yang paling mengejutkan banyak orang.

S#ARP merupakan grup co-ed yang bubar pada tahun 2002, hanya 4 tahun setelah mereka debut. Alasannya ialah karena anggota Lee Ji Hye dan Seo Ji Young terlibat dalam konflik verbal dan fisik, sebagaimana Lee Ji Hye melaporkan Seo Ji Young telah menindasnya dan menyuruh anggota lain untuk melakukan hal yang sama. Sampai hari ini, skandal tersebut tetap menjadi salah satu yang terbesar dari generasi pertama K-Pop.

Miss A

Miss A

Dengan total 2% suara, girl group Miss A dari JYP Entertainment berhasil menempati peringkat ke-9 pada hasil voting tersebut.

Miss A secara resmi dibubarkan pada Desember 2017, tujuh tahun setelah mereka debut. Namun, girl group JYP Entertainment ini sudah tidak aktif sejak tahun 2015 dan Jia keluar pada tahun 2016. Miss A adalah salah satu girl group terbesar pada masanya yang sering memuncaki chartr musik, termasuk lagu terakhir mereka, ‘Only You’. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang kaget ketika mendengar kabar bubarnya Miss A.

PRISTIN

Dengan total 2% suara, pembubaran girl group PRISTIN menempati peringkat ke-8 yang membuat banyak orang syok.

PRISTIN merupakan girl group yang paling dinantikan debutnya setelah beberapa anggotanya muncul di program ‘Produce 101’. Namun, secara mengejutkan girl group ini bubar pada tahun 2019, hanya 3 tahun setelah mereka debut.

X1

X1

Boy grup besutan program ‘Produce X101’, X1, berhasil menempati peringkat ke-7 dengan perolehan 3% suara.

X1 memulai debutnya tak lama setelah episode final ‘Produce X101’ pada Agustus 2019, sehingga tidak ada yang menyangka kalau grup tersebut akan bubar hanya empat bulan kemudian pada Januari 2020. Sayangnya, X1 menjadi korban skandal manipulasi suara di program ‘Produce X101’ Mnet. Setelah agensi dari masing-masing anggota X1 gagal mencapai kesepakatan, grup tersebut akhirnya dibubarkan.

Wanna One

Tidak hanya X1, boy group Wanna One juga masuk dalam daftar dengan total 6% suara dan menempati peringkat ke-6.

Wanna One merupakan boy group yang dibentuk melalui program ‘Produce 101’ season 2. Meski penggemar sudah tahu kalau Wanna One adalah grup sementara, banyak penggemar yang berharap kalau grup ini akan memperpanjang kontrak mereka lebih dari 1 tahun masa promosi.

SISTAR

Kalau berbicara tentang pembubaran yang paling mengejutkan, tentunya girl group SISTAR menjadi salah satunya.

Girl group besutan Starship Entertainment ini menempati peringkat ke-5 pada hasil voting tersebut, dengan perolehan suara sebesar 8%.

SISTAR diketahui bubar pada tahun 2017, 7 tahun setelah mereka debut. SISTAR merupakan girl group yang dikenal sebagai ratunya musim panas, karena mereka sering melakukan comeback setiap musim panas dan berhasil memuncaki chart musik Korea Selatan.

2NE1

Dengan total 9% suara, girl group 2NE1 masuk dalam daftar pembubaran grup K-Pop yang paling membuat syok.

2NE1 diketahui bubar pada tahun 2016, setelah debut pada tahun 2009 silam. 2NE1 terakhir kali melangsungkan comeback pada tahun 2014, sebelum akhirnya Park Bom terlibat dalam kasus penggunaan obat amfetamin yang dikirim dari Amerika.

Dengan banyaknya lagu hits yang diciptakan oleh girl group YG Entertainment, tentunya banyak penggemar yang menyayangkan pembubaran mereka.

Seo Taiji & Boys

Seo Taiji & Boys berhasil menempati peringkat ke-3 dengan total perolehan suara mencapai angka 14%.

Seo Taiji & Boys dianggap sebagai salah satu boy group pertama di Korea Selatan, jadi tidak mengherankan jika pembubaran mereka adalah kejutan paling awal bagi para penggemar K-Pop. Bahkan, para anggota grup (Lee Ju No dan pendiri YG Entertainment Yang Hyun Suk) pun terkejut ketika Seo Taiji memutuskan untuk membubarkan grup tersebut. Hingga saat ini, album mereka masih menjadi penjualan tertinggi di Korea Selatan, mencapai total penjualan 2 juta keping.

IZ*ONE

IZ*ONE menjadi grup ‘Produce’ selanjutnya yang masuk dalam daftar, dengan menempati peringkat ke-2 dan perolehan suara sebanyak 15%.

Girl group besutan program ‘Produce 48’ ini diketahui telah bubar pada akhir April 2021 lalu, setelah kontrak mereka resmi berakhir. Meskipun banyak penggemar yang menuntut perpanjangan kontrak hingga terdapat petisi besar-besaran, pada akhirnya anggota IZ*ONE memilih untuk mengambil jalannya masing-masing.

GFRIEND

Pembubaran girl group GFRIEND menempati peringkat pertama dengan total suara mencapai 37%.

Banyak penggemar yang tidak menyangka kalau girl group naungan Source Music ini harus dibubarkan setelah kontrak mereka berakhir. Parahnya lagi, agensi Source Music mengumumkan pembubaran GFRIEND hanya empat hari sebelum kontrak mereka berakhir.

Tentunya banyak orang yang menyayangkan pembubaran girl group GFRIEND ini, apalagi mengingat sepak terjang mereka dari awal debut hingga membuat agensi Source Music menjadi besar seperti sekarang. (www.kpopchart.net)