Netizen Room

Dikritik Karena Rilis Lagu ‘Butter’ Dalam Bahasa Inggris, BTS Dapat Pembelaan Netizen

BTS belakangan menjadi perbincangan di kalangan netizen Korea setelah mengungkap rencana mereka untuk merilis lagu dalam bahasa Inggris.

Para penggemar pastinya sudah tahu kalau BTS akan merilis lagu dalam bahasa Inggris yang berjudul ‘Butter’ pada 21 Mei mendatang.

‘Butter’ akan menjadi lagu kedua BTS yang seluruh liriknya menggunakan bahasa Inggris, setelah merilis lagu ‘Dynamite’ pada Agustus 2020 lalu.

Meski mendapat banyak sambutan yang baik dari para penggemar, rencana perilisan lagu ‘Butter’ ini ternyata menuai komentar pro dan kontra dari netizen Korea Selatan.

Pada forum Pann, terdapat sebuah postingan yang berjudul ‘Ingin BTS Hanya Merilis Lagu Korea’. Sang pembuat postingan lalu menuliskan, “BTS perlu merilis lagu dalam bahasa Inggris agar lebih populer dengan masyarakat umum di Amerika Serikat. Lebih sulit untuk masuk ke Grammy atau stasiun radio dengan lagu-lagu berbahasa asing.”

“Aku tidak mengerti dengan orang-orang yang mengkritik BTS karena merilis lagu-lagu berbahasa Inggris. Mereka bukan satu-satunya grup K-Pop yang bernyanyi dalam bahasa Inggris dan mereka juga tidak hanya bernyanyi dalam bahasa Inggris sejak debut,” tulis sang netizen.

Sontak postingan tersebut langsung menuai banyak perhatian netizen Korea, hingga mendapatkan lebih dari 78 ribu views dalam waktu singkat. Beberapa komentar netizen Korea dalam menanggapi postingan tersebut:

“BTS, tolong lakukan saja apa yang kalian inginkan (Aku bukan ARMY),”

“Kenapa artis K-Pop boleh merilis lagu dalam bahasa Jepang tapi tidak dalam bahasa Inggris? Aku sama sekali tidak mengerti,”

“Perilisan mendatang hanyalah sebuah single digital. Album mereka selalu dalam bahasa Korea,”

“BTS tidak pernah bilang kalau mereka tidak akan merilis lagu dalam bahasa Inggris. BTS bilang kalau mereka tidak akan merilis album yang seluruh lagunya berbahasa Inggris. ‘Butter’ akan dimasukkan ke dalam album Korea, yang akan dirilis pada bulan Juni,” dan masih banyak lagi komentar dukungan lainnya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? (www.kpopchart.net)