Pada 11 April 2021, salah satu akun fanbase BTS di Twitter yaitu @BTS_Chile menyampaikan perasaan mereka tentang perlakuan buruk salah satu acara TV komedi dari Chili.

Melalui thread tweet yang disusun oleh akun fanbase tersebut, mereka menyampaikan bentuk kekecewaan terhadap perlakuan buruk dan tindakan rasisme yang dilakukan oleh acara TV berjudul ‘Mibario’.

Juga disisipkan video, terlihat beberapa komedian dari Chili yang berdandan seperti BTS dan mengejek cara berbicara BTS sebagai orang Korea Selatan, bukan hanya mengejek cara berbicara, namun mereka juga menyinggung masalah pandemi dengan mengatakan “Aku sudah di vaksin”.

Melakukan tindakan rasis di balik kata ‘komedi’ dan ditayangkan melalui televisi nasional, banyak netizen dan penggemar yang menyampaikan kekecewaan mereka dengan memposting tweet memakai tagar #RacismIsNotComedy yang kemudian menjadikan tagar ini trending di Twitter Korea Selatan.

 

Mereka juga memposting tata cara untuk melaporkan tindakan rasisme yang dilakukan di acara TV tersebut secara online. (www.kpopchart.net)