K-Wave atau Korean Wave merupakan gelombang popularitas dari industri hiburan Korea Selatan yang tersebar di seluruh dunia.

Saat ini, Korean Wave dinilai kembali pada masa kejayaannya dan semakin tersebar ke seluruh dunia.

Hal ini diketahui dari salah satu media Korea Newsen yang melaporkan salah satu hasil survey tentang perkembangan popularitas Korean Wave menurut warga negara Korea Selatan.

Menurut hasil survey dari Trendmonitor.co.kr yang merupakan perusahaan riset pasar di Korea Selatan, 9 dari 10 warna negara Korea Selatan mengakui bahwa popularitas konten budaya Korea Selatan meningkat karena popularitas global yang diraih BTS, film ‘Parasite’ dan ‘Minari’. 

 

Dalam riset tersebut, perusahaan Trendmonitor.co.kr melakukan survei sebagai pengakuan atas status konten budaya di pasar global yang menargetkan 1.200 pria & wanita berusia 13-69 tahun di seluruh negeri.

Hasil yang dikumpulkan adalah sebanyak 89% responden mengakui bahwa status global dari konten budaya Korea Selatan telah membaik.

“Tentunya, di masa lalu ada kasus sukses di luar negeri karena ‘Gelombang Hallyu’, Tapi status popularitas konten budaya Korea saat ini dianggap sebagai ‘fenomena’, yang menyebar ke seluruh dunia terlepas dari batas wilayah mana pun.” ucap pihak Trendmonitor. 

Selain itu, penampilan BTS di acara penghargaan musik terkenal di luar negeri, seperti saat BTS menampilkan ‘Dynamite’ di Grammy, film ‘Parasite’ dan ‘Minari’ yang meraih popularitas tinggi juga dinilai mendorong naiknya popularitas konten budaya Korea Selatan saat ini. (www.kpopchart.net)