Penyanyi solo Wheesung telah dijatuhi hukuman masa percobaan atas kasus penggunaan obat terlarang jenis propofol.

Pada hari Selasa (09/03), Pengadilan Distrik Daegu, Cabang Andong menjatuhi hukuman kepada Wheesung satu tahun penjara, yang ditangguhkan selama dua tahun, karena tuduhan melanggar Undang-Undang Tentang Narkoba, dll.

Dengan begitu maka Wheesung akan menjalani masa percobaan selama dua tahun, tetapi ia baru akan menjalani hukuman penjara satu tahun jika ia kembali melakukan kesalahan yang sama selama masa percobaan.

Wheesung juga dijatuhi hukuman 40 jam melakukan kegiatan pelayanan masyarakat, 40 jam rehabilitasi narkoba, dan hukuman denda sebesar 60,5 juta Won (766 juta Rupiah).

 

Selama persidangan terakhirnya pada 19 Januari, Wheesung telah mengakui sebagian besar dakwaan terkait penggunaan propofol secara rutin. Jaksa penuntut telah meminta hukuman penjara tiga tahun. Ia dinyatakan bersalah pada 9 Maret atas tuduhan penggunaan narkoba, dan hakim menjelaskan mengapa hukuman itu ditangguhkan.

Hakim Cho Soon Pyo menyatakan, “Terdakwa adalah selebriti terkenal yang mendapat perhatian dan cinta dari publik. Karena itu, ia adalah orang yang berpengaruh, dan ia seharusnya menunjukkan tekad yang lebih besar untuk mematuhi hukum dan menjadi panutan yang baik, tetapi ia telah gagal melakukannya.”

“Namun, terdakwa terlambat menyesali kesalahannya dan ia masuk rumah sakit atas kemauannya sendiri dan sedang menerima perawatan. Ia tulus dalam niatnya untuk mengakhiri penyalahgunaan anestesi tidur dan kemungkinan kambuh sangat rendah, menurut dokternya. Ia telah mengakui kejahatan tersebut dan ia belum menerima hukuman pidana sebelumnya. Faktor-faktor inilah yang telah dipertimbangkan,” ungkap sang hakim. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *