News

Rilis Pernyataan Resmi, Kakao M Sebut Spotify-lah yang Tak Mau Perbarui Kontrak

Giliran Kakao M yang merilis pernyataan resmi terkait kehebohan lagu-lagu K-Pop yang tiba-tiba menghilang dari Spotify.

Pada Senin (01/03) dini hari, fans dari seluruh dunia sudah dihebohkan dengan menghilangnya ratusan lagu K-Pop di platform streaming global, Spotify.

Pada pagi tadi, perwakilan Spotify sendiri telah menjelaskan bahwa kontrak lisensi mereka dengan Kakao M telah berakhir pada 1 Maret 2021, sehingga mereka tidak dapat lagi menghadirkan lagu-lagu yang dipegang oleh Kakao M untuk pendengar di seluruh dunia.

Dalam pernyataannya juga, Spotify mengaku menyayangkan keadaan yang berdampak pada banyak artis, penggemar dan pendengar setia mereka.

Namun di sisi lain, Kakao M selaku distributor beberapa lagu-lagu K-Pop yang dihapus dari platform Spotify mengungkapkan pernyataan yang berbeda.

Mereka menyebutkan bahwa pihak Spotify-lah yang memilih untuk tidak memperbarui kontrak lisensi bahkan setelah adanya permintaan dari pihak Kakao M.

Salah satu perusahaan distribusi musik terbesar di Korea ini juga mengklarifikasi bahwa mereka masih dalam proses negosiasi apakah katalognya akan tersedia di Spotify versi Korea Selatan atau tidak, dan bahwa kedaluwarsa perjanjian lisensi global diantara kedua perusahaan sepenuhnya terpisah dan tidak terkait.

Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk penyediaan musik,” ungkap perwakilan Kakao M.

Tidak terkait dengan kontrak domestik, yang masih kami negosiasikan, kami menerima secara terpisah pemberitahuan berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari, dan kami meminta perpanjangan kontrak global kami yang telah ada.

Karena kebijakan Spotify dimana mereka harus melanjutkan kontrak domestik dan global pada saat yang sama, kontrak global kita saat ini telah habis. Kami sedang melanjutkan negosiasi kami tentang pasokan musik,” tutup pihak Kakao M.

Kalian dapat melihat pernyataan resmi pihak Spotify disini. (www.kpopchart.net)

More in:News

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.