Spotify malam kemarin mengagetkan para penggemar musik K-Pop lantaran banyak lagu K-Pop yang tiba-tiba hilang tanpa sebab.

Setelah ditelusuri, lagu-lagu yang hilang tersebut hanya lagu K-Pop yang berada di bawah distributor Kakao M seperti IU, MAMAMOO, SEVENTEEN, LOONA, MONSTA X, GFRIEND, The Boyz, Sunmi, (G)I-DLE, BtoB, Apink, P1Harmony, DreamCatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, WJSN dan masih banyak lainnya.

Hari ini, Senin (01/03), pihak resmi dari Spotify angkat bicara terkait kekhawatiran yang terjadi di kalangan penggemar.

Spotify secara resmi mengumumkan bahwa kerja sama mereka dengan salah satu distributor musik Korea terbesar, Kakao M telah berakhir. Hal ini membuat Spotify tidak akan lagi mendistribusikan lagu-lagu di platform streaming musik mereka.

 

Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M telah berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak lagi dapat memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia, ” terang pihak resmi Spotify.

Perwakilan Spotify menjelaskan, “Kami telah melakukan upaya ke segala arah selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga kami dapat terus membuat musik artis Kakao M tersedia untuk penggemar di seluruh dunia, serta 345 juta pengguna kami di 170 daerah yang berbeda,” dan menambahkan, “Namun, terlepas dari ini, kami tidak dapat mencapai kesepakatan tentang memperbarui lisensi global kami.

Kami merasa situasi ini sangat disayangkan bagi banyak artis, serta penggemar dan pendengar di seluruh dunia, dan kami sangat berharap dapat segera menyelesaikan situasi saat ini. Kami akan terus melakukan yang terbaik sehingga kami dapat terus bekerja dengan pemegang hak Korea, termasuk Kakao M, dan membantu pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan tumbuh bersama.” (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *