News

SM Entertainment Dituntut Bayar 20 Miliar Won Usai Jalani Investigasi Pajak

Perusahaan SM Entertainment dituntut untuk membayar sejumlah uang tunai kepada pemerintah Korea Selatan.

Menurut laporan pada hari Jumat (05/02), SM Entertainment diminta untuk membayar denda sebesar 20,2 miliar Won atau sekitar 252 miliar Rupiah kepada Layanan Pajak Nasional Kantor Wilayah Seoul.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa agensi SM Entertainment sebelumnya telah diperiksa oleh pihak yang berwenang terkait kecurigaan atas kasus penggelapan pajak yang melibatkan pendiri Lee Soo Man.

Pihak SM Entertainment dengan tegas menyatakan bahwa perusahaan mereka telah menjalani audit pajak dengan patuh, tetapi pihak berwenang telah menyatakan ada aktivitas yang tidak biasa dalam transaksi di dokumen tertentu. Hasil penyelidikan menyebutkan ada kebocoran dana perusahaan antara mantan CEO Lee Soo Man dengan agensi, dan beberapa laporan keuangan tidak dimasukkan selama transaksi ke perusahaan lain.

SM Entertainment mempunyai waktu sekitar satu bulan untuk membayar pemerintah sebesar 20,2 miliar Won, sekitar 3,19% dari kekayaan bersih perusahaan. SM Entertainment menyatakan bahwa mereka akan membayar biaya tersebut hingga batas waktu 31 Maret, tetapi mereka juga akan melakukan proses banding. Terlepas dari investigasi penggelapan pajak, SM Entertainment mengalami kerugian sebesar 15,6 miliar Won (195 miliar Rupiah) antara bulan Juli 2020 hingga September 2020 lalu.

Biro Investigasi Layanan Pajak Nasional juga menyelidiki saham Lee Soo Man, yang merupakan pemegang saham terbesar di SM Entertainment, yakni sebesar 18,73%, dan keponakannya Lee Sung Soo, yang merupakan co-CEO di agensi SM Entertainment saat ini.

Ini bukan kali pertamanya SM Entertainment menjalani investigasi pajak. Pada tahun 2014, Lee Soo Man diperintahkan untuk membayar 10 miliar Won (125 miliar Rupiah) karena mendirikan perusahaan di Hong Kong untuk menyembunyikan keuntungan luar negeri. Ia juga dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dengan 3 tahun masa percobaan karena menggelapkan dana perusahaan pada tahun 2002 silam. (www.kpopchart.net)

More in:News

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.