News

DJ Radio Jerman Minta Maaf Soal Komentar Rasis, BTS Dapat Dukungan Dari MAX, Lauv dan Halsey

DJ radio Bayern 3, Matthias Matuschik telah menyampaikan permintaan maafnya mengenai komentar rasis terhadap boy group BTS.

Sebelumnya Matthias Matuschik memicu kontroversi setelah berkomentar soal penampilan BTS saat menyanyikan lagu ‘Fix You’ Coldplay.

DJ radio tersebut menyebut penampilan BTS telah merusak lagu ‘Fix You’. Ia bahkan menyebut BTS sebagai ‘virus mengerikan yang harus segera divaksinasi’. Ia lalu menyebut BTS akan ‘akan berlibur di Korea Utara selama 20 tahun ke depan’.

Setelah menuai kontroversi di kalangan ARMY dan komunitas Asia di seluruh dunia, pihak Bayern 3 akhirnya menyampaikan permintaan maaf. Pihak radio Bayern 3 mengatakan bahwa Matthias Matuschik tidak bermaksud bersikap rasis, meskipun perkataannya sudah kelewat batas. Radio tersebut juga menyebutkan bahwa Matthias Matuschik selama ini jauh dari sikap rasis dan sering memberikan bantuan kepada para pengungsi.

Karena permintaan maaf yang dianggap tidak tulus, pihak radio Bayern 3 dan Matthias Matuschik semakin mendapat banyak kritikan dari netizen internasional.

Sampai-sampai beberapa selebriti terkenal juga angkat bicara dan memberikan pembelaan kepada BTS. Beberapa di antaranya ialah MAX, Lauv dan Halsey yang sebelumnya pernah berkolaborasi dengan BTS.

MAX dan Lauv memberikan komentar pembelaan mereka kepada BTS dan mengecam tindakan rasis yang dilakukan oleh Matthias Matuschik dengan menuliskan cuitan di Twitter. Sedangkan Halsey menanggapi tindakan rasis Matthias Matuschik dengan menuliskan postingan di Instagram Story.

Setelah kembali mendapat komentar kritikan, pihak Bayern 3 menuliskan permintaan maaf mereka yang kedua. Dalam permintaan maaf kedua ini mereka menegaskan bahwa komentar Matthias Matuschik terhadap BTS memang tidak dapat diterima. Tetapi mereka mengaku perlu menjelaskan keterlibatannya dalam aksi sosial, sebagai bukti bahwa Matthias Matuschik mempunyai keyakinan bahwa setiap orang harus diperlakukan sama terlepas dari kebangsaan, budaya, warna kulit, orientasi seksual, atau agama mereka.

Pihak Bayern 3 juga meminta netizen untuk berhenti memberikan komentar dan hujatan kepada Matthias Matuschik dan keluarganya. Mereka juga berjanji dan memastikan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Selain Bayern 3, Matthias Matuschik sendiri juga telah menuliskan permintaan maafnya, “Aku sangat sedih terhadap reaksi yang ditimbulkan oleh komentarku dalam siaran langsung dan pertama-tama aku sangat menyesal dan aku ingin meminta maaf dengan tulus.”

“Dalam siaranku, aku merasa terganggu oleh fakta bahwa boy group BTS mengcover lagu ‘Fix You’ milik Coldplay, band yang sangat aku sukai. Kewarganegaraan ketujuh anggota BTS seharusnya tidak menjadi masalah dan menyamakan mereka dengan virus memang sudah kelewat batas.”

“Aku telah memikirkan hal ini selama beberapa jam terakhir dan memahami serta menerima bahwa kata-kataku secara rasial menyinggung banyak orang, terutama komunitas Asia. Itu tidak pernah menjadi niat awalku, tetapi aku menyadari bahwa, pada akhirnya, yang penting hanyalah bagaimana kata-kata dipahami, bukan bagaimana maksudnya.”

“Orang-orang yang telah mengenalku cukup lama tahu bahwa, selain pekerjaanku sebagai DJ radio dan artis kabaret, aku juga sangat aktif melawan kegiatan sayap kanan dan mereka yang mencari perlindungan sejak masuknya pengungsi pada tahun 2015. Hal itu membuatku semakin sedih karena aku telah menyakiti orang lain dengan pernyataan yang tidak dipertimbangkan dengan baik (yang dimaksudkan untuk menjadi lucu) dan menempatkan diriku dalam sorotan yang salah. Aku telah membuat kesalahan besar yang akan menjadi pelajaranku. Aku sungguh-sungguh minta maaf,” tulisnya. (www.kpopchart.net)

More in:News

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.