Netizen Room

SM Entertainment Pernah Didenda Karena Ingin Bangun Negara Sendiri?

SM Entertainment, salah satu agensi K-Pop besar di Korea Selatan dikenal sebagai agensi yang memiliki berbagai ide unik bahkan hingga pada titik ‘gila’ untuk menciptakan pengalaman baru bagi para penggemar dari artis mereka.

Namun jika ide tersebut adalah membangun negara sendiri? Ya, SM Entertainment kabarnya pernah menimbulkan kontroversi yang cukup besar di masanya dimana mereka mendeklarasikan ‘negara baru’.

Tentunya negara disini dimaksudkan sebagai negara yang hanya sebatas gimmick untuk membuat para penggemar dari berbagai artisnya merasakan sensasi sebagai warga negara dari SMTOWN.

Karena kontroversi tersebut, SM bahkan dijatuhi hukuman denda 20 juta won (sekitar 261 juta rupiah) karena melanggar hukum keamanan nasional ROK.

SM berkeliling dengan mengatakan bahwa SMTOWN adalah negara yang berdaulat, memberikan kewarganegaraan dan bahkan mengadakan upacara deklarasi kemerdekaan nasional. Mereka berhenti setelah didenda 20 juta KRW (~ $ 18.420 USD) karena melanggar hukum keamanan nasional ROK,” tulis netizen di forum online mengungkap fakta yang mengejutkan bagi sebagian penggemar yang baru bergabung.

Ini benar hahaha. Aku tidak yakin tentang dampak yang didapat tetapi mereka mendapat peringatan karena melanggar undang-undang keamanan nasional dengan mengeluarkan paspor dan mereka menghentikan proyek ini setelah itu,” komentar netizen menanggapi postingan di forum online.

tujuan akhir Lee Soo Man adalah menjadi presiden?” “Hahaha, dia benar-benar terbawa suasana” “Ini … sangat terlihat seperti kultus” canda netizen lainnya. (www.kpopchart.net)

More in:Netizen Room

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.