Netizen Korea baru-baru ini membahas tentang fanwar yang biasanya terjadi di kalangan penggemar BTS dan EXO.

Bukan rahasia lagi kalau ARMY dan EXO-L merupakan dua fandom K-Pop terbesar saat ini. Karena persaingan antara kedua grup, peperangan antar fandom pun tidak terelakkan.

Namun, belakangan ini menurut netizen Korea perang online antara penggemar BTS dan EXO sudah jarang terjadi.

Seperti yang dituliskan oleh seorang netizen Korea di forum pann, “Bukankah hal ini sudah berakhir? Sekarang kedua fandom sudah tidak begitu peduli lagi dengan satu sama lain. Alih-alih, mereka memarahi penggemar lain yang memicu fanwar dan terkadang aku bahkan melihat postingan yang saling memuji satu sama lain.”

 

“Kedua fandom sudah berjalan di jalannya masing-masing dan ketika sesuatu hal yang buruk terjadi, mereka saling membantu satu sama lain. Serius, sekarang mereka sudah punya musuhnya masing-masing,” ungkap netizen tersebut.

Menanggapi postingan itu, netizen Korea lainnya langsung berkomentar:

“Pertama-tama, musuh utama ARMY adalah penata rias BTS,”

“Mereka punya musuh masing-masing yang berbeda, ini sangat menyentuh hatiku,”

“Sejujurnya, masih lebih baik ketika kami bertengkar dengan EXO-L. Karena hasil kami seimbang jadi kami bisa merasakan kompetisi antara satu sama lain. Tapi, kalau kau melihat fandom lain saat ini, aku heran kenapa mereka menyerang kami? Padahal kami tidak berkompetisi dengan mereka. Itu membuatku kesal,”

“Serius, musuh ARMY itu di mana-mana. Bahkan kalau kami hanya sedang berdiam diri, orang-orang akan tetap menyerang kami setiap hari,”

“Itu sebabnya fanwar itu tidak ada gunanya. Setelah waktu berlalu, kita tidak akan peduli dengan satu sama lain lagi,”

“Sejujurnya sekarang ada banyak orang yang berpura-pura menjadi EXO-L dan menyerang ARMY,” dan masih banyak lagi komentar netizen lainnya.

Apakah kalian setuju dengan berbagai opini netizen Korea di atas? (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *