Salah satu media Korea Selatan baru-baru ini menyebutkan bahwa boy group BTS tidak akan ada seperti sekarang jika bukan karena Lee Soo Man.

Artikel tersebut dirilis oleh salah satu media terkemuka di Korea Selatan, The Hankyoreh, perusahaan media yang berdiri sejak tahun 1988.

Melalui artikel ini, sang jurnalis membahas bagaimana BTS memberikan pengaruh besar terhadap popularitas K-Pop secara global di masa sekarang. Namun, ia mengklaim bahwa Lee Soo Man yang hidup sebagai bapak K-Pop, telah mencatat banyak sejarah dan berjuang melawan penghakiman dari publik di masa lalu.

Jurnalis tersebut juga menekankan bahwa Lee Soo Man selaku pendiri SM Entertainment, telah membangun pondasi dari industri K-Pop. Oleh karena itu, jika tidak ada Lee Soo Man yang membangun pondasinya, maka kita tidak akan bisa melihat idol K-Pop seperti BTS di masa sekarang.

 

Lee Soo Man memang dikenal sebagai pendiri agensi SM Entertainment yang sudah mendebutkan banyak idol K-Pop populer, seperti SHINHWA, TVXQ, Super Junior, SNSD SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT hingga aespa.

Menanggapi artikel tersebut, netizen Korea di situs theqoo kemudian memberikan komentar seperti:

“Aku membaca tulisan sampah seperti ini di pagi hari. Kau juga seharusnya menuliskan bahwa kalau tidak ada orang tua mereka, BTS tidak mungkin ada seperti sekarang,”

“Itu bukanlah hal yang dikatakan oleh Lee Soo Man, tapi kenapa kalian malah mengkritiknya?”

“Ini hanyalah artikel yang memuji-muji Lee Soo Man. Kenapa kau harus menyebut nama BTS?”

“Aku rasa lebih akurat lagi kalau mengatakan jika tidak ada Bang Si Hyuk maka tidak akan ada BTS,”

“Lebih tepat kalau menyebutkan Seo Taiji, alih-alih Lee Soo Man, hahaha,” dan beragam komentar pro dan kontra lainnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *