BTS berhasil mengukir sejarah baru dengan meraih sertifikat Platinum pertama untuk kategori streaming di Jepang.

Pada awal tahun 2020, Recording Industry Association of Japan (RIAJ) membuat sistem sertifikasi baru untuk streaming musik, setelah sebelumnya hanya membuat sertifikasi untuk penjualan album fisik dan digital.

Berdasarkan sistem sertifikasi tersebut, sebuah lagu bisa mendapatkan sertifikat Silver jika mencatat 30 juta streaming, Gold untuk 50 juta streaming dan Platinum untuk 100 juta streaming.

RIAJ baru-baru ini mengumumkan lagu ‘Dynamite’ BTS sebagai lagu grup asing pertama yang mendapatkan sertifikat Platinum pada kategori streaming di Jepang. Lagu tersebut berhasil mendapat 100 juta streaming di Jepang hanya dalam waktu 3 bulan sejak dirilis.

 

Selain ‘Dynamite’, ‘Shape Of You’ Ed Sheeran adalah satu-satunya lagu asing yang sudah mendapatkan sertifikat Platinum untuk kategori streaming di Jepang.

BTS juga mendapatkan sertifikat Gold untuk lagu ‘DNA’ dan ‘Stay Gold’ yang masing-masing meraih 50 juta streaming, dan sertifikat Silver untuk lagu ‘Your Eyes Tell’ yang meraih 30 juta streaming.

Tidak hanya BTS, girl group TWICE juga mencatat prestasi yang memukau pada kategori streaming setelah mendapatkan sertifikat Gold untuk ‘What Is Love?’ dan ‘YES or YES’, serta sertifikat Silver untuk lagu ‘Candy Pop’.

Selamat kepada BTS dan TWICE! (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *