Program survival ‘I-LAND’ di Mnet belakangan menuai kritikan netizen Korea karena dianggap mempunyai sistem yang terlalu kejam bagi para trainee.

‘I-LAND’ merupakan sebuah program survival yang dibuat sebagai hasil kerja sama antara perusahaan CJ ENM dan Big Hit Entertainment.

 

Melalui program ini sejumlah trainee akan bersaing untuk bisa debut sebagai anggota boy group baru, dengan menjalani ajang survival di sebuah rumah yang disebut ‘I-LAND’.

Namun, belakangan banyak pemirsa yang merasa kurang senang karena sistem program ini dianggap terlalu kejam. Para trainee diharuskan untuk saling bersaing satu sama lain dengan cara yang tidak sehat dan bahkan harus mengkhianati teman sendiri agar dapat bertahan.

Beberapa komentar kritikan yang diutarakan netizen Korea di situs Naver:

“Program ini benar-benar membuatku merasa tidak nyaman, mereka harus berhenti. Mereka mengambil anak-anak dan membuat mereka melakukan hal seperti adegan di film,”

“Pelanggaran privasi terbesar ialah memasang kamera CCTV di ruangan kontestan ‘I-LAND’. Dengan maraknya kasus kamera tersembunyi yang terjadi di negara kita, kenapa malah melakukan aktivitas seperti itu?”

“Acara seperti ini harus dihentikan. Sangat menakutkan dengan faktanya bahwa acara seperti ini bisa dianggap sebuah reality show,”

“Sepertinya kita harus menyingkirkan Mnet sepenuhnya. Mereka selalu membuat acara reality palsu dengan sistem yang dimanipulasi,”

“Sangat mengecewakan karena ada lagi acara TV yang menggambarkan budaya kita yang selalu mendukung kompetisi seperti ini. Kita tidak boleh membagi anak-anak dengan kelas atau grup yang berbeda, kemudian menyebutnya grup yang buruk dan baik,” dan masih banyak lagi komentar kritikan lainnya.

Bagaimana tanggapan kalian terkait kontroversi yang melibatkan program ‘I-LAND’ ini? (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *