Belakangan girl group NiziU menjadi bahan perdebatan di kalangan netizen Korea Selatan.

NiziU merupakan girl group besutan agensi JYP Entertainment yang didebutkan melalui program survival ‘Nizi Project’.

‘Nizi Project’ adalah sebuah program survival yang dibintangi oleh para trainee yang berasal dari Jepang. Melalui program survival ini, JYP Entertainment memilih total 9 orang trainee untuk didebutkan sebagai anggota NiziU.

Namun, NiziU kemudian menjadi perdebatan karena gir group ini dibentuk oleh agensi Korea, dengan anggota Jepang dan lagu dalam bahasa Jepang.

 

Tentunya hal itu membuat banyak netizen yang bertanya-tanya apakah NiziU adalah girl group K-Pop atau J-Pop. Seperti komentar netizen Korea pada situs Naver:

“Ini membuatku ingin memaki karena ini bukanlah sebuah lokalisasi. Ini adalah pencurian tentang semua pengetahuan yang telah dibangun oleh industri K-Pop,”

“Ini hanya menguntungkan JYP, sama sekali tidak menguntungkan K-Pop,”

“Grup ini dimiliki oleh Sony, mereka seharusnya tidak dikategorikan sebagai K-Pop. JYP sama saja telah memberikan semua pengetahuan mereka demi royalti. Aku sampai tidak bisa berkata apa-apa,”

“JYP seharusnya mengkhawatirkan tentang agensi mereka sendiri. Aku mengerti kalau sekarang adalah era globalisasi, tetapi tidak begini caranya. Mereka sama saja seperti TWICE versi Jepang. BTS benar-benar luar biasa karena tidak punya anggota dari luar negeri,”

“K-Pop adalah pasar terkuat saat ini, jadi apa gunanya menjual pengetahuan untuk pasar lain? Jadi apa bedanya dengan kita menjual senjata kepada Jepang ketika sedang perang? JYP benar-benar sudah mengkhianati Korea,”

“Park Jin Young menghasilkan uang ketika mempromosikan J-Pop ke seluruh dunia. Semua orang pasti akan menganggap NiziU sebagai J-Pop karena mereka adalah grup yang memiliki anggota Jepang dan bernyanyi dalam bahasa Jepang. Hanya karena kau punya tim sepakbola Vietnam yang memiliki pelatih Korea, bukan berarti tim sepakbolanya berubah menjadi tim Korea. Mereka tetap tim sepakbola Vietnam,” dan masih banyak lagi komentar pro dan kontra lainnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *