Kira-kira bagaimana reaksi netizen Korea Selatan ketika BTS disebut sebagai artis yang membuka jalan bagi K-Pop di Amerika Serikat?

Topik yang biasanya menjadi pembahasan penggemar K-Pop internasional ini belakangan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Korea.

Seperti yang terlihat pada situs theqoo, seorang netizen Korea membahas bagaimana BTS sering disebut sebagai grup yang membuka jalan untuk pasar K-Pop di Amerika Serikat.

Ia menuliskan, “Seperti halnya BoA dan DBSK membuka jalan bagi artis K-Pop di pasar musik Jepang, mereka bilang BTS adalah grup yang membuka jalan di pasar musik Amerika. Alih-alih menyebutnya sebagai yang pertama, BTS disebut memberikan efek yang paling besar bagi para artis K-Pop generasi selanjutnya.”

 

“Sebagai contoh, ketika BTS menang penghargaan Social Artist Awards di Billboard, banyak sekali artis K-Pop yang menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran. Atau ketika BTS menjual album secara resmi di luar negeri, grup lain juga mulai menjual album mereka di luar negeri.”

“BTS juga menjadi sangat mainstream dan meningkatkan popularitas K-Pop. Tapi ada penggemar grup lain yang tidak setuju akan hal ini. Mereka bilang, ‘Ada grup lain yang sudah lebih dulu sebelum BTS’. Penggemar di luar negeri selalu bertengkar setiap hari karena hal ini,” tulisnya.

Menanggapi postingan tersebut, netizen Korea lainnya memberikan komentar mereka seperti:

“Sejujurnya, mereka seharusnya mengakui ini. Sebelum itu artis Korea biasanya disebut sebagai ‘bintang dunia’ hanya karena mereka melakukan aktivitas promosi di luar negeri. Tapi aku sangat kaget ketika melihat BTS tampil di acara televisi Amerika,”

“Memang benar sekali kalau BTS lah yang membuka jalannya,”

“Lucu sekali kenapa mereka membantah hal itu? Coba tanya saja dengan orang Amerika,”

“Bukankah sebuah fakta kalau K-Pop tidak terlalu dikenal di Amerika sebelum ada BTS?”

“Bukankah ini faktanya? Karena BTS, sekarang pasar untuk idol K-Pop di Amerika jadi terbuka dan orang-orang juga semakin tertarik dengan K-Pop. Kalian tidak bisa membantah fakta ini,” dan beragam komentar senada lainnya.

Apakah kalian setuju kalau BTS adalah artis yang membuka jalan untuk K-Pop di industri musik Amerika? (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *