Perusahaan Shinsegae akhirnya memutuskan untuk menyerahkan hak cipta nama ‘BTS’ kepada agensi Big Hit Entertainment.

Sebelumnya Big Hit Entertainment dan Shinsegae sempat bertarung di meja hukum untuk memperebutkan hak cipta nama ‘BTS’.

Big Hit Entertainment diketahui telah mendaftarkan hak cipta untuk nama ‘BTS’ pada tahun 2013, untuk dua kategori yakni Class 35 (Penjualan album dan merchandise) dan Class 41 (Nama penyanyi).

Namun, pada tahun 2017 perusahaan Shinsegae mendaftarkan hak cipta nama ‘BTS’ untuk 8 kategori berbeda termasuk produk pakaian. Shinsegae mendaftarkan hak cipta nama ‘BTS’ untuk lini produk mereka yang menggunakan nama ‘Boon the Shop’.

 

Big Hit Entertainment kemudian menuding pihak Shinsegae telah berusaha mencuri hak cipta untuk nama ‘BTS’ dari mereka. Big Hit Entertainment kemudian mengajukan banding dan menyatakan, “Sangat konyol bagaimana pihak Shinsegae mendaftaran hak cipta untuk nama ‘BTS’, ketika ‘BTS’ dikenal secara luas sebagai Bangtan Sonyeondan.”

Setelah sempat berselisih di meja hukum, kini pada hari Selasa (07/01) Kantor Kekayaan Intelektual Korea mengumumkan bahwa pihak Shinsegae dan Big Hit Entertainment sudah berdamai, sebagaimana pihak Shinsegae dengan sukarela menyerahkan hak cipta nama ‘BTS’ kepada Big Hit Entertainment.

Shinsegae menyatakan, “Shinsegae Department Store telah menyerahkan seluruh hak cipta nama ‘BTS’. Shinsegae sangat mendukung aktivitas yang dilakukan oleh BTS, yang kini telah menjadi wajah dari budaya Hallyu,” pungkas mereka. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *