Belakangan sedang terjadi kontroversi di Indonesia terkait iklan yang dibintangi oleh anggota BTS.

Seperti yang penggemar ketahui, BTS dipilih sebagai brand ambassador dari marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Dengan menjadi brand ambassador Tokopedia, ketujuh anggota BTS menjadi bintang iklan Tokopedia yang ditayangkan melalui berbagai platform.

Namun, Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) belakangan menuduh BTS telah mengarah kepada perilaku LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender), sehingga mereka meminta KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) untuk mencabut iklan Tokopedia yang dibintangi anggota BTS.

LAKSI juga melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Tokopedia pada hari Kamis (09/01) pukul 13.00 WIB lalu. Zoel Nasution selaku koordinator aksi demonstrasi tersebut mengatakan, “Banyak artikel dan pemberitaan terkait perilaku boyband Korea yang tidak sesuai dengan norma dan perilaku kehidupan bangsa Indonesia yang mayoritas muslim.”

Dalam surat aksi unjuk rasa yang dilakukan LAKSI, mereka menyampaikan, “Kami berharap KPI dapat mencabut iklan dari Tokopedia sehingga bangsa ini dapat terlindungi terhadap anak dan remaja yang rentan menduplikasi perilaku menyimpang LGBT.”

Menanggapi aksi ini, pihak Tokopedia memberikan pernyataan resmi, “Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang menghargai keberagaman pandangan setiap masyarakat Indonesia, namun sebagai institusi, Tokopedia tidak berpihak kepada pandangan tertentu,” seperti yang dilansir dari CNN Indonesia.

“Perjalanan dan visi BTS, bersama dengan pesan-pesan yang secara konsisten mereka sampaikan, yaitu kerja keras untuk mewujudkan mimpi, anti-perundungan dan pesan positif lainnya, selaras dengan semangat Tokopedia.”

 

“Kami juga sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi sehingga BTS adalah mitra yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia.” ungkap Nuraini Razak selaku VP of Corporate Communications Tokopedia. (www.kpopchart.net)