Kabar terbaru mengenai manipulasi voting program ‘Produce’ kembali muncul.

Media Hankook Ilbo pada hari Kamis (05/12) melaporkan bahwa seluruh anggota X1 dan IZ*ONE sudah ditetapkan sejak awal, bahkan sebelum voting episode terakhir dibuka.

Tidak hanya X1 dan IZ*ONE, media tersebut juga menyebutkan bahwa satu anggota Wanna One juga bisa debut karena manipulasi voting.

Hal itu diketahui dari surat dakwaan tertulis yang diterima oleh anggota majelis Ha Tae Kyung dari Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

 

Dalam surat tersebut dituliskan bahwa PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum sudah menetapkan anggota X1 dan IZ*ONE sejak acara ‘Produce X101’ dan ‘Produce 48’ dibuat, terlepas dari hasil voting penonton. Ahn Joon Young juga dituduh telah memanipulasi hasil voting untuk salah satu kontestan ‘Produce 101’ season 2, sehingga ia bisa debut sebagai anggota Wanna One.

Disebutkan juga bahwa pada 17 Juli 2019 atau dua hari sebelum episode final ‘Produce X101’, beberapa orang termasuk Kim Yong Bum dan Ahn Joon Young melakukan pertemuan di salah satu ruangan meeting di gedung CJENM untuk menentukan ranking 11 anggota X1.

Menurut Hankook Ilbo, pertemuan tersebut dilakukan oleh mereka lantaran banyak anggota boy group yang sudah debut masuk ke dalam 11 besar, sehingga mereka berusaha untuk mengecualikan para anggota boy group tersebut dari line up debut X1.

Begitu juga dengan anggota IZ*ONE yang sudah ditetapkan sebelum penonton memberikan voting. Kim Yong Bum dan Ahn Joon Young dikabarkan sudah menetapkan 12 anggota IZ*ONE, sebelum episode final ditayangkan pada Agustus 2018 lalu.

Selain itu Ahn Joon Young juga menukar posisi 2 trainee pada episode final ‘Produce 101’ season 2, sehingga 1 orang trainee yang seharusnya debut pada akhirnya harus gagal dan 1 orang trainee yang lain bisa debut meskipun pada awalnya mendapatkan ranking di bawah 11 besar.

Pada tahun 2016, Ahn Joon Young juga dengan sengaja mengeliminasi dua orang trainee ‘Produce 101’ season 1 pada babak pertama eliminasi, sehingga dua trainee yang seharusnya tereliminasi berhasil maju ke babak selanjutnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *