Mnet menanggapi kabar yang menyebutkan hasil ranking anggota I.O.I juga telah dimanipulasi.

Sebelumnya PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum dituntut dengan tuduhan manipulasi voting pada program ‘Produce’, yang berarti bahwa rumah produksi CJENM tidak terlibat dalam praktik ilegal tersebut.

Namun berdasarkan laporan dari media Korea Selatan pada hari Jumat (13/12), terdapat produser lain yang telah memanipulasi hasil voting program ‘Produce 101’ season 1. Sehingga menurut laporan tersebut, ini bukanlah kasus yang disebabkan oleh individual, melainkan secara terstruktur di perusahaan CJENM.

Seorang narasumber yang memeriksa kasus ‘Produce 101’ season 1 mengatakan, “Kami menemukan bahwa peringkat salah satu dari 11 anggota pada episode final telah berubah. Melihat bagaimana tindakan manipulasi ranking telah terjadi sejak season 1, tampaknya mereka memang tidak berniat untuk membuat program yang jujur sejak awal. Kami bertanya kepada jaksa mengenai investigasi terhadap CP ‘Produce 101’ season 1, tetapi mereka tidak menanggapi.”

 

“PD Han adalah produser utama di season 1 dan ia memegang tanggung jawab yang besar atas kasus ini. Ia harus diperiksa secara menyeluruh agar ia bisa bertanggung jawab. Dalam situasi ini, kami tidak melihat adanya tanggung jawab dan kompensasi dari pihak CJENM. CJENM juga harus mengambil tanggung jawab,” ungkapnya.

Menanggapi laporan tersebut, pihak Mnet hanya mengatakan, “Kami tidak dapat memeriksa dokumen gugatan terhadap Ahn Joon Young sehingga kami tidak tahu isinya. Kami juga tidak bisa memberikan pernyataan apapun mengenai PD Han,” ungkapnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *