Program ‘Newsroom’ di JTBC menyampaikan permintaan maaf mereka terkait laporan mengenai gugatan yang diajukan oleh BTS terhadap agensi Big Hit Entertainment.

Pada hari Senin (16/12), Son Suk Hee selaku presdir JTBC dan pembawa program ‘Newsroom’ membahas tentang laporannya mengenai BTS dan Big Hit Entertainment pada episode 9 Desember 2019 lalu.

Sebelumnya program ‘Newsroom’ mengabarkan bahwa anggota BTS sudah bertemu dengan pengacara dan berencana untuk menggugat agensi Big Hit Entertainment karena pembagian hasil kerja yang tidak adil.

Namun, laporan tersebut langsung dibantah mentah-mentah oleh agensi Big Hit Entertainment. Agensi menyatakan bahwa anggota BTS hanya bertemu dengan pengacara untuk memeriksa isi kontrak mereka dengan agensi dan tidak ada kaitannya dengan gugatan. Selain itu Big Hit Entertainment juga menuntut permintaan maaf dari pihak JTBC, karena dianggap telah menyebarkan informasi palsu dan mencemarkan nama baik.

 

Kini melalui episode terbaru program ‘Newsroom’, Son Suk Hee menyatakan, “Belum lama ini, ‘Newsroom’ merilis berita yang menyatakan bahwa anggota BTS berencana untuk menggugat agensinya. Setelah mendapatkan laporan tambahan, kami menilai bahwa kemungkinan adanya gugatan tersebut adalah nol.”

Melalui video berita, ‘Newsroom’ melaporkan, “Pada awal Desember, JTBC mengetahui bahwa masalah yang berkaitan dengan BTS muncul di jaringan internal sebuah firma hukum di Gangnam, Seoul. Hal ini tentunya mengundang tanda tanya, apakah akan ada konflik internal jika firma hukum mewakili atau memberikan konsultasi kepada BTS tentang pembagian hasil kerja dengan Big Hit Entertainment. Sebagaimana hal itu biasanya merupakan bagian dari prosedur dalam mengajukan gugatan hukum. Pada saat itu, JTBC berkonsultasi dengan beberapa pengacara sebelum melaporkan adanya kemungkinan gugatan hukum.”

“Tapi setelah memeriksa kesaksian dari para pihak yang terlibat, kami menilai bahwa kemungkinan gugatan hukum sangat rendah. Big Hit telah mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki konflik dengan BTS dan bahwa mereka memiliki prosedur perpanjangan kontrak yang patut dicontoh tahun lalu. BTS juga menyatakan bahwa mereka tidak meminta gugatan dari firma hukum yang bersangkutan. Firma hukum yang bersangkutan telah menyatakan bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi informasi terperinci mengenai jaringan internal mereka.”

Terakhir, Son Suk Hee menyampaikan permintaan maafnya, “JTBC merasa menyesal karena telah merekam kantor agensi tanpa persetujuan Big Hit ketika melaporkan berita tersebut. Kami juga dengan rendah hati dan tulus menerima kritik bahwa program kami terlalu terdepan dalam melaporkan berita yang mana tidak ada gugatan hukum yang terjadi,” pungkasnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *