Idol & Celeb

Lagu ‘Flash’ X1 Diduga Jiplak Lagu Asing, Ini Komentar Pakar

Belakangan para penggemar dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan bahwa ‘Flash’ X1 telah menjiplak sebuah lagu dari luar negeri.

Berdasarkan rumor yang beredar, lagu debut X1 yang dirilis pada bulan Agustus 2019 lalu ini dianggap mirip dengan lagu ‘Helium (DJ Tiesto Remix)’ milik Chrish Lake dan Jareth yang dirilis pada tahun 2014 silam.

Seorang pakar musik di Korea Selatan yang sudah sering membuatkan lagu untuk idol K-Pop memberikan komentarnya soal isu plagiarisme tersebut.

Setelah mendengarkan kedua lagu, sang produser mengatakan, “Ketika menjelaskan konsep album baru grup idol, biasanya agensi mengirimkan lagu-lagu asing sebagai referensi. Lagu tersebut digunakan sebagai sample, serta sebagai acuan bagi para produser untuk menulis dan memproduksi lagunya.”

“Produser lagu ‘Flash’ kemungkinan menjadikan ‘Helium’ sebagai referensi ketika membuat lagu tersebut. Sangat sulit untuk mengatakan bahwa hal itu sebagai tindakan plagiarisme dari kacamata hukum. Memang ada kemiripan, tapi tidak ada bukti yang konkret. Semuanya tergantung daripada moral sang produser.”

Ia kembali menambahkan, “Kalau kalian memintaku untuk mencari lagu Korea yang menjadikan lagu asing sebagai referensi, ada lebih dari 100 lagu. Mereka menjadikan lagu asing sebagai ‘referensi’ bahkan ada yang lebih mirip dari lagu ini, tapi masalahnya tidak pernah muncul ke permukaan.”

“Masalahnya tidak hanya pada lagu ini. Banyak sekali lagu-lagu yang terlibat isu plagiarisme di masa lalu yang juga menggunakan format ‘referensi’,” pungkasnya.

Kalian bisa membandingkan kedua lagu dengan menyaksikan videonya di bawah ini! (www.kpopchart.net)

Leave your vote

More in:Idol & Celeb

0 %

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.