Aktor sekaligus penyanyi Dongwan Shinhwa pada hari Selasa (15/10) memosting dengan panjang tentang pentingnya perawatan kesehatan mental di industri hiburan, mengingat pada hari Senin (14/10) itu adalah hari meninggalnya Sulli, juniornya di SM Entertainment.

Dalam postingannya kali ini Dongwan menuliskan kritik yang menjurus kepada sebuah perusahaan hiburan besar dan memosisikan dirinya sebagai seorang mantan trainee dan artis SM Entertainment.

Dongwan berkomentar, “Saat seorang atlet menderita cedera ligamen (cedera lutut), mereka dapat pulih melalui perawatan dan terapi fisik, dan banyak ahli yang menyarankan operasi. Hal ini merupakan sebuah fakta bahwa masa penyembuhan setelah cedera adalah bagian dari kontrak mereka.”

“Semakin besar sebuah media dan industri hiburan, maka mereka semakin saling membutuhkan satu sama lain.”

 

“Saat dalam kondisi terburuk seperti para trainee tidak bisa makan dan tidur dengan benar, dan terlebih orang-orang dewasa harus dituntut untuk tetap tersenyum bahagia. Kalian harus seksi, tapi kalian tidak boleh melakukan hubungan intim. Kalian harus kuat, tapi kalian tidak boleh berkelahi dengan siapapun. Inilah tuntutan yang harus mereka lakukan.”

“Banyak hoobae (junior) yang bertarung dengan dirinya sendiri, berdebat tentang kesakitan yang harus mereka tahan di dalam hatinya dan harus tetap bisa bekerja, itu semua dilakukan demi merasakan manisnya uang dan ketenaran.”

“Beberapa penelitian mendapatkan hasil seberapa ‘cepat dan mudah’ atau bagaimana efek samping yang terdapat di dalam obat-obatan psikotropika. Kita tidak bisa selamanya duduk dan hanya menyaksikan mereka (pengedar) menawarkan obat-obatan tersebut dengan mudah, hanya karena itu bisa membuat orang merasa lega atau mengatasi masalahnya secara cepat.”

“Kita tidak boleh gagal dalam menyadari bagaimana kemalasan perusahaan besar dalam mengambil tindakan, bisa menjadi inang dari sebuah virus yang menular dengan cepat,” tulisnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, sebelumnya Jonghyun SHINee yang berada di agensi SM Entertainment juga telah melakukan tindakan bunuh diri. (www.kpopchart.net)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *