NewsTV Programs

Agensi Trainee Diduga Terlibat Dalam Manipulasi Voting ‘Produce X101’

Agensi para kontestan diduga terlibat dalam praktik manipulasi voting program ‘Produce X101’.

Hal itu disampaikan oleh Kim Jong Hwi, selaku kuasa hukum yang bertanggung jawab atas gugatan dari para pemirsa ‘Produce X101’.

Mulanya ia mengatakan, “Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Jika ini adalah masalah hukum karena voting dengan sistem SMS berbayar, maka kasusnya akan serupa dengan tindakan penipuan dan penyalahgunaan informasi. Sepengetahuanku, tidak ada contoh undang-undang yang mengatur tentang ‘voting dengan SMS berbayar’ seperti ini. Selain itu, tidak pernah ada kasus dugaan ‘kecurangan pada siaran’ yang dibawa ke pengadilan.”

Pengacara Kim Jong Hwi kemudian menjelaskan bahwa kasus ini bisa menjadi besar karena pihak Mnet tidak dapat menjelaskan keanehan pada hasil voting ‘Produce X101’ dengan baik dan tidak memberikan bukti yang akurat.

Sang pengacara kembali menambahkan, “Ketika melihat kasus ini untuk pertama kalinya, aku menyadari poin utamanya ialah ‘kecurigaan manipulasi suara’. Namun, aku berpikir ‘Apakah ini benar-benar kesalahan yang disengaja? Tapi mengapa mereka melakukan tindakan manipulasi yang bisa menyebabkan masalah besar?'”

“Aku berasumsi bahwa ini bukan hanya sekedar tentang rating televisi. Meskipun pada awalnya, aku berpikir bahwa agensi para trainee adalah pihak yang paling dirugikan, ada kemungkinan besar bahwa beberapa agensi juga terlibat dalam kasus ini,” ungkap sang pengacara.

Sementara itu polisi sebelumnya telah melakukan penggeledahan dan penyitaan di kantor staf ‘Produce X101’ yang berlokasi di gedung CJ ENM. (www.kpopchart.net)

More in:News

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.