Media Korea Selatan melaporkan bahwa industri musik Korea Selatan kini sudah memasuki era agensi ‘Big 4’.

Selama ini industri musik di Korea Selatan memiliki tiga agensi yang mendapatkan gelar ‘Big 3’, yakni SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment.

Namun kini media Korea telah membuat gelar baru ‘Big 4’, yang dinobatkan kepada agensi SM Entertainment, JYP Entertainment, BigHit Entertainment dan CJ ENM.

Mengenai agensi YG Entertainment yang tidak termasuk dalam ‘Big 4’, mereka menjelaskan, “YG Entertainment yang mendapatkan penghasilan besar pada tahun 2015-2017 melalui tur konser dunia Big Bang, tur Jepang dan fan meeting, mulai menurun pada tahun lalu dikarenakan anggota Big Bang telah memulai tugas wajib militer. Apalagi setelah Seungri terlibat skandal baru-baru ini yang menyebabkan fluktuasi besar pada harga saham YG Entertainment.”

 

Untuk mengganti YG Entertainment, media Korea telah menambahkan dua agensi baru, yakni BigHit Entertainment dan CJ ENM. “Meskipun CJ ENM saat ini tidak memanajemen artis, agensi mereka memiliki pengaruh yang sangat besar dengan metode investasi ke berbagai agensi. Sehingga kini mereka memegang banyak label musik seperti Jellyfish Entertainment, Stone Music Entertainment, Swing Entertainment, Amoeba Culture, AOMG, Hi-Lite Records, H1GHR MUSIC dan masih banyak lagi.”

“CJ ENM kini telah menjadi senjata besar yang memegang peran penting dalam industri musik. Baru-baru ini, CJ ENM juga mengumumkan kerja sama mereka dengan BigHit Entertainment, untuk mendirikan label Belift Lab, dalam rangka mendebutkan boy group baru yang dapat mengikuti jejak  Bangtan Boys.” 

Faktor lain yang membuat CJ ENM semakin memegang peran penting dalam industri musik Korea ialah karena mereka adalah perusahaan yang memiliki saluran televisi Mnet dan sebagai rumah produksi dari program survival idol ‘Produce’.

Terakhir mengenai BigHit Entertainment, “Bangtan Boys dan BigHit Entertainment telah tumbuh dari awal yang kecil menjadi artis dan agensi yang mewakili Korea Selatan di mata dunia. Pakar keuangan bahkan memprediksikan kalau BigHit Entertainment akan segera melampaui SM, JYP dan YG untuk menjadi perusahaan agensi hiburan dengan penghasilan terbesar sepanjang sejarah.”

Bagaimana tanggapan kalian mengenai tulisan media Korea Selatan di atas? (www.kpopchart.net)