Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah memberikan surat peringatan kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Black Pink.

Seperti yang dikutip dari website resmi KPI, iklan tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

11 stasiun televisi yang mendapat surat peringatan tersebut terdiri dari Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net, dan SCTV.

Melalui surat peringatan itu diterangkan, bahwa dalam iklan yang dimaksud terdapat penampilan beberapa wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim.  Begitu juga dengan program konser ‘Shopee Road to 12.12 Birthday Sale’ yang turut menampilkan sekelompok wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim.

Hardly Stefano selaku Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat menyatakan, bahwa pihaknya menyayangkan adanya iklan ‘Shopee’ dan program acara ‘Shopee Road to 12.12 Birthday Sale’ karena berpotensi bertentangan dengan norma kesopanan yang dianut oleh masyarakat Indonesia secara umum.

Dengan dikeluarkannya surat peringatan dari KPI, ia berharap agar lembaga penyiaran segera melakukan perbaikan internal dengan menghentikan penayangan iklan ‘Shopee’ yang dimaksud dan menggantinya dengan tampilan lain yang tidak menimbulkan persepsi negatif. (www.kpopchart.net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *