Agensi Bangtan Boys, BigHit Entertainment menyampaikan permintaan maaf mereka mengenai kontroversi yang melibatkan artisnya.

Seperti yang penggemar ketahui, belakangan Bangtan Boys terlibat dalam banyak kontroversi, mulai dari kontroversi kaos bergambar ledakan bom atom hingga yang paling baru adalah penggunaan simbol Nazi.

Pada hari Selasa (13/11) agensi BigHit Entertainment memberikan pernyataan resmi, “Ada beberapa isu yang sudah ditelaah oleh BigHit Entertainment. Pertama adalah masalah penggunaan kaos bergambar ledakan bom atom. Kedua artis kami menggunakan sebuah topi bergambar simbol Nazi saat melakukan pemotretan dengan media Korea. Ketiga, artis kami dikabarkan menggunakan bendera bergambar simbol Nazi ketika tampil dalam sebuah konser.”

“Ini adalah pernyataan resmi kami untuk masing-masing isu. Dalam promosi Bangtan Boys dan seluruh artis kami, BigHit tidak pernah mendukung perang ataupun ledakan bom atom. Kami menentang keras hal ini dan tidak bermaksud untuk memberikan ejekan kepada korban bom atom. Tidak akan ada masalah seperti ini lagi kedepannya.”

“Ini adalah permintaan maaf kami atas masalah yang telah disebutkan di atas. Mengenai pakaian bergambar bom atom, seperti yang kami sebutkan, tidak digunakan dengan maksud tertentu, dan kami juga sudah mengkonfirmasi bahwa kaos itu dibuat tanpa bermaksud untuk meledek para korban ledakan bom atom. Namun, memang kemungkinan ada dampak negatif yang muncul ketika kaos tersebut digunakan atas keteledoran kami dan kurangnya persiapan. Kami dengan tulus ingin meminta maaf karena sudah melibatkan artis kami dengan gambar ledakan bom atom yang mengerikan.”

“Mengenai topi dengan simbol Nazi yang digunakan pada pemotretan lama, seperti yang kami sebutkan di atas, kami tidak melakukannya dengan maksud tertentu. Pakaian dan aksesoris yang digunakan oleh anggota Bangtan Boys dalam pemotretan tersebut diberikan oleh pihak media yang bersangkutan. Artis kami pada akhirnya memakai barang kontroversial tersebut karena kurangnya pengawasan dan dampak negatif bisa muncul tanpa disengaja terhadap para korban Nazi. Kami dengan tulus meminta maaf karena telah melibatkan artis kami dengan simbol Nazi.”

Agensi juga mengklarifikasi soal bendera yang digunakan oleh anggota Bangtan Boys pada konser Seo Taiji. Agensi menjelaskan gambar pada bendera tersebut tidak ada hubungannya dengan simbol Nazi dan bendera ini dibuat sebagai bentuk pesan sosial untuk mengkritik standar pendidikan.

Terakhir agensi menuliskan, “BigHit akan mengikuti beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah ini. Pertama, kami akan menghubungi asosiasi korban bom atom di Jepang dan Korea untuk menjelaskan dan meminta maaf soal masalah yang sudah ditimbulkan. Kami juga sudah mengirimkan surat penjelasan dan permintaan maaf kepada Simon Wiesenthal Center (untuk menyelesaikan masalah penggunakan topi berlogo Nazi),” pungkas agensi. (www.kpopchart.net)