Kuasa hukum YG Entertainment dan Happyface Entertainment telah menjalani persidangan pertama.

Pertemuan tersebut dilakukan oleh masing-masing kuasa hukum pada hari Kamis (31/10), setelah gugatan pertama kali diajukan pada bulan Juni lalu.

Sebelumnya HappyFace Entertainment menggugat YG Entertainment karena batal mendebutkan boy grup pemenang program ‘MIXNINE’ dan dianggap tidak memberikan kompensasi kepada para peserta idol yang sudah mengikuti kompetisi tersebut.

Dalam persidangan tersebut pengacara dari YG Entertainment menyampaikan pembelaan mereka, “Kalau ‘MIXNINE’ sebelumnya sukses, masalah seperti ini pastinya tidak akan terjadi. Namun, memang benar kalau program ini tidak mendapat rating yang baik, jadi kami merasa menyesal dan kasihan. Kami juga mendapat banyak kerugian karena program ini.”

 

“Merilis album untuk pemenang ‘MIXNINE’ tidak ada di dalam kontrak. Karena semuanya berasal dari agensi yang berbeda kami mulanya ingin menjadi manajemen dari pemenang ‘MIXNINE’ selama 4 bulan. Kami sudah mempersiapkan debut mereka, tapi kami kemudian memutuskan bahwa akan sulit untuk membuat album yang sukses dalam waktu 4 bulan. Jadi kami menyarankan kepada agensi-agensi tersebut untuk memperpanjang kontrak menjadi 3 tahun.”

“Semua agensi memiliki opini yang berbeda terhadap saran kami. Ada satu agensi yang mengatakan bahwa 3 tahun adalah jangka waktu yang terlalu panjang, sedangkan agensi lainnya setuju dengan perpanjangan kontrak. Namun, berdasarkan kontrak, seluruh anggota grup pemenang harus berpartisipasi. Itu sebabnya debut mereka harus dibatalkan.”

Sedangkan pengacara dari agensi HappyFace Entertainment mengatakan, “Sangat memungkinkan untuk mempersiapkan debut mereka dalam waktu 4 bulan. Namun alasan YG yang tidak ingin mendebutkan merekan karena rating program yang buruk membuat kami berpikir tentang sebuah pepatah lama, ‘Kalau manis ditelan, kalau pahit dibuang saja’.”

“YG tahu kalau kontrak selama 3 tahun itu tidak bisa diterima oleh agensi kecil seperti kami, tapi mereka tetap menyarankannya. Penjelasan yang mereka berikan adalah untuk membenarkan mereka sendiri. YG juga seharusnya¬†menanggung semua biaya yang dikeluarkan selama periode syuting dan penyiaran acara, tapi mereka sama sekali tidak melakukannya,” pungkas pengacara. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *