Wajib militer di Korea Selatan kini tidak boleh lagi ditunda hingga usia 30 tahun.

Aturan baru tersebut mulai diterapkan oleh pemerintah Korea Selatan mulai bulan ini atau lebih tepatnya pada 1 Agustus 2018 lalu.

Sebelumnya selebriti Korea khususnya para idol diperbolehkan menunda wajib militer hingga mereka berusia 30 tahun. Namun kini aturan tersebut sudah berubah dan para selebriti ini hanya boleh menundanya hingga usia 28 tahun.

Aturan ini tidak hanya berlaku untuk para tokoh terkenal dan selebriti, namun juga masyarakat biasa juga tidak akan bisa menunda tugas wajib militer mereka dengan alasan pendidikan, waktu yang bertabrakan dengan saudara kandung, menempuh pendidikan untuk sertifikasi publik maupun pengangkatan sebagai duta besar.

Perjalanan keluar negeri juga sudah dibatasi. Bagi pria Korea Selatan yang berusia 25 hingga 27 tahun hanya diperbolehkan melakukan perjalanan ke luar negeri sebanyak lima kali, dengan jatah masing-masing 6 bulan untuk setiap perjalanan.

Dengan demikian maka para selebriti pria yang lahir pada tahun 1989 dan 1990 harus memulai tugas wajib militernya pada tahun 2018 ini. Beberapa di antaranya ialah Onew SHINee, Eunkwang BtoB, Doojoon, Yoseob, Gikwang dan Junhyung HIGHLIGHT, Xiumin EXO serta Seungri Big Bang.

Itu sebabnya mengapa Eunkwang harus masuk wajib militer pada 21 Agustus nanti dan dengan terpaksa melewatkan konser BtoB di Indonesia. (www.kpopchart.net)