Idol & Celeb

Golden Child Dituduh Jiplak Konsep Album GOT7, Begini Komentar Woollim Entertainment

Agensi Woollim Entertainment memberikan komentar mereka terkait kontroversi plagiarisme yang sedang menimpa boy grup Golden Child.

Belakangan Golden Child memang terlibat dalam kontroversi plagiarisme, lantaran desain album ‘Goldenness’ mereka yang dianggap mirip dengan desain album ‘Flight Log: Turbulence’ GOT7.

Menanggapi tudingan tersebut, Woollim Entertainment selaku agensi Golden Child memuat pernyataan resmi.

“Halo, ini adalah Pimpinan Tim Kreatif di Woollim Entertainment.

Kami benar-benar menyesal karena telah menyebabkan kekhawatiran dan tidak memberikan jawaban dengan cepat. Kami telah bekerja keras untuk membuat album yang bagus dalam rangka menghormati penggemar, dan aku akan menjelaskan proses produksi untuk menjawab kekhawatiran dan pertanyaan para penggemar.

Golden Child memiliki proyek trilogi yang menceritakan kisah mereka sejak debut. Yang pertama adalah ‘Geumdong High Baseball Team’, yang kedua adalah ‘Geundong High School Students’ First Love’, dan yang ketiga adalah ‘Geundong High School Graduation Trip’.

Tema ini diputuskan sebelum mereka debut, oleh karena itu, Golden Child memiliki konsep bisbol di mini album pertama, dan konsep sekolah di mini album ke-2 mereka. Untuk mencocokkan konsep awal perjalanan kelulusan, Golden Child melakukan syuting di Jepang untuk album terbaru mereka.

Kami memilih konsep umum dari koper untuk desain album agar penggemar dapat dengan mudah berpikir tentang perjalanan kelulusan. Menggunakan stiker untuk menghias koper juga sangatlah umum, jadi stiker ditambahkan sebagai ide yang menyenangkan bersama dengan tiket pesawat. Untuk CD, kami berpikir tentang kompas ketika mendesainnya, sesuatu yang pasti muncul di pikiran semua orang ketika melakukan perjalanan.

Itu adalah sesuatu yang kami putuskan dalam waktu yang lama, jadi ketika kami melihat bahwa album itu dibandingkan dengan desain album artis lain, kami juga sangat kaget dengan kemiripannya. Aku setuju bahwa penggemar dapat merasa tidak nyaman karena hal itu, dan aku juga menyesal bahwa kami tidak memberikan reaksi dengan cepat sehingga menciptakan kesalahpahaman di antara fandom.

Namun, mustahil untuk menjiplak album yang dirilis kurang dari dua tahun yang lalu di negara yang sama, dan bahkan lebih mustahil lagi untuk melakukannya jika grup itu adalah grup populer. Tidak hanya itu, judul album Golden Child berasal dari penggemar dan ini adalah album yang dipersiapkan dengan banyak waktu dan upaya.

Kami bekerja keras untuk membuat album terbaik untuk artis dan penggemar yang menyukai artis kami, jadi kami sangat kecewa dan kesal dengan situasi ini. Album Golden Child dan MD mereka mencerminkan konsep dan identitas mereka. Karena itu, menjiplak konsep grup lain akan menjadi sesuatu yang merusak identitas mereka dan merupakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan.

Terakhir, aku telah melampirkan berbagai contoh desain yang dirujuk dalam album Golden Child. Kami akan memperluas persepsi kami di masa depan sehingga ini tidak akan terjadi lagi, dan belajar lebih banyak desain album domestik dan internasional. Kami berharap tidak terjadi perpecahan atau gesekan di antara kedua fandom,” tulisnya. (www.kpopchart.net)