Persaingan grup idol K-Pop tidak hanya sengit terjadi di tanah kelahiran Korea Selatan, melainkan juga negara Asia tetangga mereka, Tiongkok.

Perkembangan Hallyu di Tiongkok memang menjadi salah satu yang terpesat diantara beberapa negara Asia lainnya, sehingga banyak idol K-Pop yang memilih negeri tirai bambu tersebut sebagai persinggahan favorit dalam melakukan tur konser mereka.

Belakangan media outlet di Tiongkok mengungkap deretan grup idol K-Pop yang memiliki fandom terkuat di tahun 2018 yang penuh dengan persaingan ketat ini.

Dari hasil pengumpulan data hingga 26 Juli, peringkat idol yang memiliki member fancafe Tiongkok terbanyak ditempati oleh EXO, T-ARA dan Big Bang. Sementara beberapa grup idol senior lainnya juga menyusul ketiganya, beberapa diantaranya ialah SNSD, Super Junior, TVXQ, f(x), SHINee, 2PM dan JYJ.

Dalam daftar yang dirilis, kita juga dapat melihat perkembangan yang terjadi pada member fancafe dari setiap fandom, dimana EXO mengalami peningkatan jumlah member hingga lebih dari 5000 orang, sementara T-ARA, Big Bang serta SNSD mengalami menurunan member sekitar 200 orang.

Selain EXO, peningkatan jumlah member fancafe Tiongkok yang terbilang besar ini juga terjadi pada beberapa fancafe fandom lainnya seperti TVXQ, SHINee, JYJ, APink, GOT7 hingga BTS.

Selain itu, media outlet juga merilis daftar idol yang lagu-lagunya menjadi yang paling banyak diputar secara online, dimana peringkat pertama ditempati oleh EXO, diikuti Big Bang, T-ARA, SNSD dan G-Dragon di posisi 5 besar. (www.kpopchart.net)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *