Agensi HappyFace Entertainment mengajukan gugatan hukum kepada YG Entertainment.

HappyFace Entertainment merupakan agensi yang menaungi Woo Jin Young, pemenang dari ‘MIXNINE’, program survival yang dibentuk oleh YG Entertainment dan JTBC.

Namun setelah keluar sebagai pemenang, Woo Jin Young dan trainee pemenang lainnya gagal didebutkan sebagai boy grup ‘MIXNINE’ seperti yang sudah dijanjikan oleh YG Entertainment.

Sekitar dua bulan setelah pembatalan debut mereka, kini HappyFace Entertainment mengaku sudah mengajukan gugatan dan menuntut ganti rugi kepada pihak YG Entertainment sebesar 10 juta Won atau sekitar 126 juta Rupiah.

Dalam gugatan tersebut HappyFace Entertainment menuliskan, “Dalam kontrak aslinya YG Entertainment menawarkan kontrak selama empat bulan, tapi tiba-tiba diperpanjang hingga 3 tahun. Hal ini benar-benar sangat merugikan agensi menengah ke bawah termasuk kami.”

“Tindakan mereka menunjukkan bahwa jika kami tidak setuju dengan rencana tersebut, maka proyek akan dibatalkan. Ini adalah sebuah contoh kasus agensi besar yang memanfaatkan kekuasaan dan pengaruh mereka.”

Lebih lanjut HappyFace Entertainment menuliskan, “YG juga tidak memenuhi perjanjian di kontrak dalam menyediakan biaya pelatihan dan lainnya selama Woo Jin Young syuting program. Kami sebelumnya yakin kalau ia bisa debut bersama YG Entertainment, sehingga selama 6 bulan membintangi ‘MIXNINE’, kami menggunakan uang sendiri untuk membiayai pelatihan, make up, pakaian, biaya transportasi, dan sebagainya untuk Woo Jin Young.”

Saat mengajukan gugatan, agensi HappyFace Entertainment juga menyerahkan dokumen kontrak aslinya sebagai barang bukti.

Menanggapi gugatan tersebut, pihak YG Entertainment menuturkan, “Kami pikir masalahnya sudah selesai beberapa bulan lalu ketika pengumumannya dimuat oleh media setelah CEO dari enam agensi bertemu dan mencapai keputusan akhir dengan damai. Sehingga, kami tidak mengira jika salah satu dari enam agensi akan menuntut ganti rugi sebesar 10 juta Won.”

“Namun, karena gugatannya sudah terlanjur diajukan, kami akan¬†berdiskusi dengan kuasa hukum, dan melalui hasil akhir pengadilan, kami akan berusaha untuk memperkecil kesalah pahaman yang ada. Terimakasih,” tutur perwakilan YG Entertainment. (www.kpopchart.net)