Chen EXO-CBX mendapat kecaman dari netizen internasional karena dianggap telah melontarkan pernyataan rasis.

Kontroversi tersebut terjadi setelah Chen bersama anggota EXO-CBX lainnya muncul dalam tayangan live streaming di  V Live.

Saat itu anggota EXO-CBX memasangkan lipstik yang berlebihan di bibirnya, sehingga ia mengatakan, “Aku terlihat seperti Michol”. Michol merupakan karakter pada serial animasi ‘Dooly the Little Dinosaur’ yang sering digunakan oleh orang Korea untuk mengejek orang kulit hitam.

Namun tak sampai di situ, para penggemar juga mendengar Chen sempat berkata, “Bukankah ini Kunta Kinte?” Meski pada subtitle bahasa Inggris kalimat tersebut diterjemahkan menjadi “Bibirku terlihat terlalu besar”, menurut subtitle Korea, Chen memang mengatakan bahwa dirinya seperti Kunta Kinte.

Kunta Kinte merupakan karakter yang berasal dari novel ‘Roots: The Saga of an American Family’. Menurut pengarangnya karakter tersebut dibuat berdasarkan nenek moyangnya yang pernah diperbudak dan dibawa ke Amerika.

Sontak pernyataan Chen ini langsung menjadi kontroversi khususnya di kalangan netizen internasional yang sangat sensitif terhadap isu tersebut. (www.kpopchart.net)