Penyelenggara ‘Golden Disc Awards’ ke-32 memberikan penjelasan di balik kemenangan boy grup Bangtan Boys.

Pada Kamis (11/01) kemarin Bangtan Boys berhasil membawa pulang trofi penghargaan Daesang untuk mini album mereka yang berjudul ‘Love Yourself: Her’.

‘Golden Disc Awards’ hanya akan menghitung album yang memiliki lebih dari 6 buah lagu baru, tidak termasuk intro, outro, instrumental, ataupun versi lain dari lagu yang sudah pernah dirilis sebelumnya, sehingga mini album ‘Love Yourself: Her’ masuk dalam kategori tersebut.

Penilaian diambil dari 80% data penjualan album dan 20% penilaian juri. Untuk data penjualan albumnya, diambil dari data statistik Gaon Chart dari Desember 2016 hingga Desember 2017 lalu, untuk album-album yang dirilis dalam kurun waktu tersebut.

Mini album ‘Love Yourself: Her’ mendapatkan angka penjualan hingga 1,493,443 keping, sehingga Bangtan Boys mendapatkan skor tertinggi pada angka penjualan album. Ini juga menjadi mini album terlaris sepanjang masa setelah 16 tahun yang lalu rekor serupa dipegang oleh boy grup lawas g.o.d.

Di urutan kedua terdapat album ‘The War’ (tidak termasuk repackage) milik EXO yang memiliki angka penjualan mencapai 1,085,094 keping. Ini adalah angka penjualan untuk album versi Korea dan Mandarin.

Tak hanya mendapatkan skor penjualan album tertinggi, Bangtan Boys juga mendapatkan penilaian tertinggi dari juri. Menurut pihak ‘Golden Disc Awards’, Bangtan Boys memperoleh skor penilaian sebesar 290 dari total 300 poin. Sedangkan EXO hanya mendapatkan skor sebesar 211 poin.

Data-data tersebut menjelaskan bagaimana Bangtan Boys bisa memenangkan penghargaan Daesang untuk kategori album fisik di ‘Golden Disc Awards’ ke-32. (www.kpopchart.net)